Toyota Indonesia Genjot Pasar Ekspor

NERACA

Tidak merasa puas di pasar Indonesia, Toyota Indonesia mulai menargetkan kenaikan ekspor hingga dua kali lipat dalam lima tahun ke depan dan kenaikan tiga kali lipat pada 10 tahun mendatang terhitung sejak 2014.

"Untuk 2014, ekspor kendaraan utuh atau complete built up saja itu mencapai 150 ribu. Kami harap lima tahun mendatang bisa dua kali lipat dan sepuluh tahun mendatang bisa tiga kali lipat," kata Direktur Corporate and External Affair PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia I Made Dana.

Made mengatakan, dengan peningkatan target ekspor tersebut, perusahaan membutuhkan beberapa dukungan, di antaranya dukungan infrastruktur berupa pelabuhan laut dan juga adanya penguatan kompetensi sumber daya manusia.

"Karena dengan volume naik dua sampai tiga kali lipat itu dukungan SDM-nya harus lebih kuat. Total investasi kami hingga 2015 itu Rp18 triliun," kata Made.

Made mengatakan, pasar otomotif Indonesia naik dua kali lipat dalam lima tahun, sejak 2008-2013, di mana angkanya mencapai 1,2 juta unit baik pada volume penjualan maupun volume produksi.

"Ekspor Grup Toyota mencapai hampir 80 persen dari seluruh ekspor produsen otomotif Indonesia, di mana otomotif dan komponennya ditujukan ke lebih dari 72 negara," kata Made.

Berdasarkan data dari Toyota, porsi terbesar ekspor Toyota disumbangkan oleh Fortuner, kemudian Avanza, dan andalan barunya yakni Vios, Kijang Innova, Yaris, Agya, Rush dan Town Ace.

BERITA TERKAIT

Toyota Akan Gelontorkan Investasi Baru Untuk Mobil Listrik

Toyota melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) siap menggelontorkan untuk pengembangan mobil listrik di dalam negeri, yang ditargetkan pemerintah…

Honor 7A Resmi Masuk di Pasar Indonesia

Honor secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu memboyong Honor 7A yang ditujukan…

Nissan SUV New Terra Masuk Pasar Asia Tenggara

Nissan meluncurkan SUV New Terra di Filipina sebagai bagian dari langkah perusahaan guna memperkuat komitmennya di kawasan Asia Tenggara. Pelanggan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Toyota Akan Gelontorkan Investasi Baru Untuk Mobil Listrik

Toyota melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) siap menggelontorkan untuk pengembangan mobil listrik di dalam negeri, yang ditargetkan pemerintah…

Nissan SUV New Terra Masuk Pasar Asia Tenggara

Nissan meluncurkan SUV New Terra di Filipina sebagai bagian dari langkah perusahaan guna memperkuat komitmennya di kawasan Asia Tenggara. Pelanggan…

Chevrolet Colorado Centennial Ludes Terjual di Indonesia

Chevrolet Indonesia mengumumkan bahwa Colorado Centennial Edition yang tersedia sebanyak 25 unit telah habis terjual, setelah kendaraan pickup khas Amerika…