Toyota Indonesia Genjot Pasar Ekspor

NERACA

Tidak merasa puas di pasar Indonesia, Toyota Indonesia mulai menargetkan kenaikan ekspor hingga dua kali lipat dalam lima tahun ke depan dan kenaikan tiga kali lipat pada 10 tahun mendatang terhitung sejak 2014.

"Untuk 2014, ekspor kendaraan utuh atau complete built up saja itu mencapai 150 ribu. Kami harap lima tahun mendatang bisa dua kali lipat dan sepuluh tahun mendatang bisa tiga kali lipat," kata Direktur Corporate and External Affair PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia I Made Dana.

Made mengatakan, dengan peningkatan target ekspor tersebut, perusahaan membutuhkan beberapa dukungan, di antaranya dukungan infrastruktur berupa pelabuhan laut dan juga adanya penguatan kompetensi sumber daya manusia.

"Karena dengan volume naik dua sampai tiga kali lipat itu dukungan SDM-nya harus lebih kuat. Total investasi kami hingga 2015 itu Rp18 triliun," kata Made.

Made mengatakan, pasar otomotif Indonesia naik dua kali lipat dalam lima tahun, sejak 2008-2013, di mana angkanya mencapai 1,2 juta unit baik pada volume penjualan maupun volume produksi.

"Ekspor Grup Toyota mencapai hampir 80 persen dari seluruh ekspor produsen otomotif Indonesia, di mana otomotif dan komponennya ditujukan ke lebih dari 72 negara," kata Made.

Berdasarkan data dari Toyota, porsi terbesar ekspor Toyota disumbangkan oleh Fortuner, kemudian Avanza, dan andalan barunya yakni Vios, Kijang Innova, Yaris, Agya, Rush dan Town Ace.

BERITA TERKAIT

Diversifikasi Pasar Ekspor untuk RI yang Sejahtera

  Oleh: Nurul Karuniawati, Peneliti Universitas Udayana               Setiap peluang perdagangan akan menentukan pertumbuhan ekonomi sebuah bangsa. Karena itu,…

Amankan Devisa Ekspor

Melihat pergerakan rupiah dalam sebulan terakhir konsisten melemah terus terhadap dolar AS. Meski kurs rupiah belakangan ini cenderung menguat, pelemahan…

Produk Unggulan Indonesia Dipromosikan di Australia

NERACA Jakarta – Produk usaha kecil menengah (UKM) unggulan Indonesia dipromosikan di pasar Australia melalui kerja sama Smesco Indonesia dengan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Volkswagen Segera Mampu Produksi 15 Juta Mobil Listrik

Volkswagen mengumumkan akan memiliki kapasitas untuk membangun hingga 15 juta mobil listrik selama beberapa tahun ke depan, berdasarkan laporan Reuters…

All New Brio Sumbang 51 Persen Total Penjualan Honda

All New Honda Brio menjadi produk terlaris Honda pada November 2018 dengan penjualan mencapai 8.152 unit, atau 51% dari total…

Royal Enfield Buka Anak Perusahaan di Thailand

Produsen sepeda motor, Royal Enfield, akan melebarkan sayapnya dengan mendirikan anak perusahaan di Thailand, menurut Kepala Bisnis Royal Enfield India…