Cara Menghemat Kuota Internet

Sabtu, 22/11/2014

Berselancar di dunia maya dengan internet memang membuat kita lupa akan waktu. Bermain internet memang sering membuat kita lupa waktu, untuk sebagian orang yang berlangganan internet unlimited mungkin bukan menjadi masalah. Namun bagi pengguna internet yang masih tergantung pada kuota internet, ini menjadi suatu masalah yang penting.

Apa lagi bila kuota habis disaat yang tidak tepat seperti saat mengerjakan pekerjaan atau mengirim pesan, akhirnya segala aktivitas menjadi terhambat. Namun jangan salah, kuota internet bisa saja habis tanpa kita gunakan. Berikut ini beberapa tips menghemat kuota paket data internet.

Matikan koneksi internet saat sedang tidak digunakan

Ini merupakan cara yang sangat praktis, yaitu dengan mematikan paket data internet melalui widget tombol switch koneksi paket data. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai atau kadang-kadang sudah jadi widget bawaan pada launcher tertentu. Agar menghemat penggunaan kuota ada baiknya kita mematikan koneksi internet saat sedang tidak digunakan. Dengan mematikan internet selama jam tidur, maka kita akan menghemat kuota internet kita.

Matikan auto-sync yang tak perlu

Beberapa program ataupun fitur yang ada dalam gadget kita memang terkadang menjadi sumber yang menghabiskan kuota internet kita. Selain itu, nonaktifkan juga auto-sync yang tidak diperlukan. Terdapat banyak opsi untuk auto-sync dan biasanya akun Google sendiri pun mempunyai beragam layanan. Sebaiknya pilih yang penting saja, seperti Contacts, Gmail, dan Calendar.

Matikan auto-update aplikasi

Matikan juga auto-update aplikasi dari app store. Setiap kita mengunduh aplikasi, pasti ada pesan untuk auto-update. Secara default pilihan auto-update ini memang tercentang. Sebaiknya atur supaya App Store ponsel kita untuk hanya melakukan auto-update saat menggunakan koneksi WiFi saja.

Bijaklah dalam membuka foto dan video berkapasitas besar

Melihat konten foto dan video baik melalui browser atau aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan lnstagram membutuhkan kuota paket data yang cukup besar, upayakan agar tidak terlampau sering membuka konten foto atau gambar dan video. Apabila ingin melihat atau menonton video streaming dari YouTube misalnya, lebih baik cari sumber akses WiFi sehingga kuotamu tidak cepat habis.

Gunakan aplikasi pendukung

Ada banyak aplikasi pendukung untuk menghemat kuota paket data, salah satu contohnya adalah Juice Defender yang memiliki fitur otomatis mematikan koneksi paket data ketika layar terkunci. Adapula DroidWall atau 3gwatchdog sebagai alternatif lainnya.

Sebaiknya tidak mengunduh file berukuran besar lewat ponsel.

File yang berukuran besar seperti film, aplikasi atau permainan memerlukan kuota yang besar untuk mengunduhnya. Akibatnya, tentu saja kuota akan cepat habis, selain itu baterai ponsel juga akan terkuras. Untuk mengunduh file berukuran besar, alangkah baiknya jika kita menggunakan WiFi atau unduh dari komputer terlebih dahulu baru dipindahkan ke ponsel.

Gunakan Browser dengan tingkat kompresi data yang bagus.

Saat melakukan browsing, gunakan browser yang memang dapat menghemat kuota. Hindari melakukan aktivitas streaming video secara berlebihan, pasalnya data yang ditransfer ketika melakukan streaming cukup besar. Lagipula, video hasil streaming tersebut tidak tersimpan di memori ponsel. Alternatif lain untuk menonton video kesayangan kamu, unduhlah terlebih dahulu video tersebut dalam format 3GP atau MP4 sehingga bisa dilihat sewaktu-waktu.

Buang widget cuaca dari home screen

Hampir semua perangkat smartphone akan menyertakan widget cuaca pada home screen-nya. Widget tersebut akan membutuhkan akses data untuk koneksi ke internet supaya bisa memberikan informasi terbaru tentang cuaca. Meskipun tidak terlalu besar, namun ini perlu dilakukan untuk meminimalkan penggunaan internet.