N1 Si Tablet Besutan Nokia

Nokia N1, tablet baru Nokia dengan OS Android Lollipop baru saja diperkenalkan. Nokia N1 hadir dengan layar 7,9 inci rasio 4:3. Bentuknya yang identik dengan iPad Mini. Namun ada pula yang menyukainya karena membawa desain favorit dengan persenjataan berbeda. Dipersenjatai kamera utama 8MP, kamera sekunder 5MP, WiFi dual channel, Bluetooth 4.0, microUSB 2.0, baterai 5.300mAh.

Wilayah pertama yang akan kedatangan Nokia N1 adalah Tiongkok. Ini tak lepas dari Foxconn yang menjadi mitra Nokia dalam membuat tablet tersebut. Di Tiongkok, Nokia N1 akan diluncurkan 19 Februari 2015. Tablet ini memiliki layar beresolusi 2048 x 1536, prosesor Atom 2580 quad-core 2,3GHz, RAM 2GB, memori internal 32GB, dan bodi aluminium. Material bodi aluminium dikatakannya adalah sebagai pelengkap dari antarmuka yang dibuat. Selain semua itu, Nokia N1 juga dilapisi Gorilla Glass 3.

Pemilihan Android sebagai sistem operasinya juga dikatakannya sebagai tingkat lanjut pengembangan antarmuka Z Launcher yang sudah dilakukan lebih dahulu untuk OS Android. Nokia sebagai perusahaan yang bertransformasi menjadi pelisensi desain dan paten. Layaknya chip grafis Nvidia dan AMD, atau system-on-chip (SoC) ARM, rancangan Nokia nantinya bisa dipakai perusahaan lain.

Tablet Nokia N1 merupakan hasil kerjasama Nokia dengan Foxconn. Kedua perusahaan sepakat melakukan kerjasama dengan beberapa poin kesepakatan. Foxconn sebagai OEM diperbolehkan memakai nama Nokia, namun harus membayar royalti. Selain itu, produk tersebut juga harus memenuhi standar kualitas yang diatur Nokia. Lebih lanjut, produk-produknya tersebut didesain sendiri oleh Nokia.

Perusahaan Nokia yang membuat produk tersebut ialah divisi yang tidak dijual ke Microsoft. Seperti diketahui Nokia memiliki dua unit bisnis besar, yakni bisnis ponsel dan jaringan. Divisi yang diakuisisi oleh Microsoft adalah unit bisnis ponsel, sementara unit bisnis jaringan masih berdiri sendiri. Namun begitu, Nokia N1 ini tidak memproduksi handset sendiri, tetapi melalui mitra OEM seperti Foxconn.

Related posts