Manfaatkan Sarana Hiburan Sarat Edukasi - Bioling Kemdikbud

NERACA

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud memiliki 60 mobil bioskop keliling (Bioling).Bioskop keliling tersebut bisa digunakan sebagai fasilitas hiburan untuk masyarakat secara gratis.Sasaran utama bioskop keliling adalah lokasi atau daerah yang tidak memiliki bioskop atau fasilitas perfilman.

Pemanfaatan bioskop keliling ini ditujukan lantaran belum meratanya kesempatan anak-anak daerah dalam menikmati karya film yang sarat edukasi, juga sebagai sarana untuk mengkomunikasikan kebudayaan.

Sebanyak 60 mobil bioskop keliling saat ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud, seperti museum, Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Kemudian, ada juga yang diberikan ke dinas kebudayaan dan pariwisata atau dinas pendidikan dan kebudayaan. Sedangkan bioskop keliling yang berada di Kemdikbud, Jakarta berjumlah tiga mobil.Satu mobil berada di Museum Nasional, dan dua mobil berada di kantor Kemdikbud, yang dikelola Sesditjen Kebudayaan.

“Kehadiran mobil bioskop keliling diharapkan dapat menyosialisasikan nilai-nilai kebaikan pada masyarakat,” ujar Dirjen Kebudayaan Kacung Marijan beberapa waktu lalu.

Film yang diputar bioskop keliling memang merupakan film-film yang sarat dengan pendidikan karakter, misalnya film Sang Pencerah dan Garuda di Dadaku.Kemdikbud telah membeli hak tayang film-film tersebut.

Bagi masyarakat yang berminat meminjam mobil bioskop keliling untuk mengadakan kegiatan pemutaran film, dapat menghubungi UPT Kemdikbud terdekat di wilayahnya masing-masing.

Kemendikbud tidak meminta biaya operasional. Namun ada kondisi tertentu di mana dana operasional menjadi salah satu hambatan, karena itu diharapkan kerja sama dari masyarakat untuk mengurus perizinan kegiatan di lokasi.Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat membantu menyediakan bahan bakar solar untuk mengoperasikan mobil bioskop keliling, atau menyediakan energi listrik di lokasi.

Mobil bioskop keliling Kemdikbud terakhir beroperasi pada 15 November 2014 di Ponpes Fathan Mubina, Ciawi, Bogor, Jawa Barat.Pemutaran film dimulai pada pukul 20:00 – 23:00 WIB. Judul fim yang diputar adalah 9 Summers 10 Autumns dan Rumah Tanpa Jendela.

BERITA TERKAIT

LPS Minta Bank Edukasi Nasabah - Tingkatkan Kepercayaan Terhadap Bank

      NERACA   Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengimbau perbankan melakukan edukasi kepada nasabah terkait adanya fasilitas…

BEI Edukasi IPO Perusahaan di Manado

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada perusahaan daerah agar memanfaatkan instrumen…

Asuransi Simas Sambangi Siswa di Mataram - Edukasi Literasi Keuangan

NERACA Mataram - Asuransi Sinar Mas (Simas) kembali melakukan literasi dan inklusi keuangan. Kali ini, literasi keuangan disampaikan bagi siswa-siswi…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Indonesia Terlambat Terapkan HOTS

    Pakar pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Prof Wuryadi menilai penerapan pembelajaran dengan pendekatan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau "Higher…

Efektifkah Memberikan Hukuman Kepada Anak?

      Sebuah kasus kekerasan terhadap siswa kembali muncul. Beberapa waktu lalu, RM seorang guru di SD di Serdang…

Sudah Saatnya Pelajaran Coding Hadir Di Sekolah

      Kemajuan teknologi informasi (TI) harus diimbangi pembelajaran yang tepat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) didesak mulai mengajarkan…