Galeri Investasi Perlu Tenaga Pendamping

Kamis, 20/11/2014

Galeri investasi Bursa Efek Indonesia yang hadir di beberapa universitas di Indonesia memerlukan pendampingan dan penilaian untuk meningkatkan peran dan nilai manfaatnya,”Dengan pendampingan dan penilaian diharapkan galeri investasi BEI di universitas dapat lebih berkembang serta bermanfaat bagi pembelajaran mahasiswa dan membawa manfaat bagi para nasabahnya,”kata Kepala Galeri Investasi BEI Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Iskandar Buchori di Yogyakarta, kemarin.

Menurutnya, kehadiran tenaga pendamping sangat diperlukan dan diharapkan edukasi investasi di pasar modal yang menjadi alternatif investasi bukan hanya menguntungkan, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi nasabah. Selain itu, galeri investasi BEI di universitas juga dapat menjadi penyedia sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam bidang pasar modal.

Dia mengatakan, galeri investasi BEI di Fakultas Ekonomi (FE) UMY dinobatkan sebagai salah satu galeri teraktif dalam melakukan transaksi dan memiliki inovasi dalam mengembangkan minat para mahasiswa untuk terlibat dalam pasar saham,”BEI memberikan empat penghargaan sekaligus pada UMY. Dua penghargaan diberikan dalam kategori pengembangan dan Inovasi serta kategori pertumbuhan efek, sedangkan dua penghargaan lainnya merupakan penghargaan sebagai galeri terbaik kategori aktivitas edukasi pemerataan informasi dan kategori nilai transaksi," katanya.

Kata Iskandar, UMY berhasil terpilih menjadi salah satu peserta yang mendapatkan penghargaan BEI dari 112 peserta yang ikut bersaing dari berbagai universitas negeri maupun swasta di Indonesia yang memiliki galeri BEI. Sebelumnya, Galeri BEI FE UMY juga telah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam kategori jumlah investor terbanyak yakni mencapai 1.000 investor dalam perkembanganya sejak BEI FE UMY terbentuk pada 21 November 2013. (ant/bani)