Retribusi Obyek Wisata Mencapai Rp 350 juta

Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sukabumi mencatat angka kungjungan wisata di enam titik lokasi wisata mencapai kurang lebih 200 ribu orang, dan menjaring retribusi sebesar Rp 350 juta, selama liburan lebaran.

Keenam lokasi wisata yang menjadi tujuan pengunjung itu, yakni Tollgate Palabuhanratu, Cipanas Cisolok, Ujunggenteng, Minajaya Perbawati dan Cinumpang, serta Pondok Halimun.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Sukabumi, Harry Mukharam Hasan, melalui Sekretaris Dinas, Tatang Agus menyebutkan, angka itu realtif menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 1 juta pengunjung.

Seperti diberitakan Harian Ekonomi Neraca sebelumnya, angka kungjungan wisata di titik primadona pariwisata Kabupaten Sukabumi, menurun. Pihak Disparbudpora mengklaim terjadinya penurunan angka itu akibat beberapa faktor, salah satunya kemacetan yang selalu terjadi di beberapa titik.

Selain itu, faktor kejenuhan calon pengunjung, serta kemampuan finansial turut menyumbang turunnya angka kungjungan wisata disamping minimnya fasilitas yang tersedia di lokasi pariwisata yang dikelola oleh Pemkab Sukabumi.

Related posts