Tips Mendesain Hunian Mungil

Lahan hunian yang terbatas tidaklah membatasi kita untuk mewujudkan hunian yang selama ini kita idam-idamkan dan kita impikan. Mendesain hunian mungil menjadi salah satu pilihan yang tepat saat ingin membangun hunian dengan lahan yang terbatas, kita dituntut untuk jeli mengatur tata letak ruangan agar hunian tetap menjadi nyaman. Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk membuat hunian dengan desain mungil namun tetap baik dan nyaman saat dihuni.

Atap yang tinggi

Jika ruangan Kita terbatas luasnya maka buatlah desain atap untuk rumah mungil kita lebih tinggi agar dapat memberi kesan ruang lebih lega karena adanya cukup ruang ke atas.

Kurangi Sekat

Sekat antar ruangan dapat membuat rumah terasa tidak lapang. Untuk itu, Kita dapat mengurangi penggunaan sekat. Misalnya tips berikut bisa diterapkan yaitu menghilangkan sekat antara ruang makan dengandapur.

Cahaya

Ruangan yang terang dapat menjadi salah satu cara agar ruangan lebih terlihat luas. Maka, desain ruangan rumah mungil Kita dengan pencahayaan yang cukup terang.

Warna cerah

Cat rumah, warna gorden atau furnitur sebaiknya menggunakan warna-warna yang terang. Warna putih pada tembok dapat menjadi salah satu pilihan untuk ruangan yang sempit. Atau jika Kita ingin menggunakanwallpaper pada dinding, pilihlah wallpaper dengan motif kecil.

Jendela besar

Agar pandangan lebih luas, Kita dapat menggunakan jendela ukuran besar pada bagian depan rumah. Dengan demikian, penghuni rumah dapat melihat area yang luas di luar rumah dengan mudah seperti taman atau jalan. Hal ini akan memberi kesan luas.

Cermin

Penggunaan cermin merupakan hal yang paling sering digunakan untuk memberi kesan luas pada ruangan. Dengan cermin, Kita seolah-olah memiliki ruangan yang dua kali lebih besar karena pantulannya.

Pilih Furnitur dengan Tepat

Memilih furniture seperti kursi, meja atau rak harus disesuaikan dengan desain rumah mungilnya . Pilihlah furniture yang simpel dan dalam ukuran yang kecil. Lalu cobalah pilih furnitur dengan warna yang menyerupai warna cat rumah Kita. Warna yang menyerupai cat tembok akan membuat kesan lebih luas.

Ruangan Multi Fungsi

Untuk menyiasati rumah agar dapat memenuhi fungsi yang ada, jadikan sebuah ruangan menjadi multi fungsi. Misalnya, ruangan tamu yang juga berfungsi menjadi ruang keluarga. Hal ini akan membuat ruangan lebih besar jika dilakukan penggabungan beberapa ruangan sekaligus.

Manfaatkan Ruang Kosong

Kita dapat memanfaatkan setiap bagian di rumah Kita yang masih kosong. Misalnya area di bawah tangga, biasanya kosong. Kita dapat meletakkan berbagai perlengkapan dan perkakas Kita di area bawah tangga.

BERITA TERKAIT

Hunian TOD Dinilai Cocok Untuk Milenial

Hunian TOD Dinilai Cocok Untuk Milenial NERACA Jakarta - Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung menilai hunian terintegrasi transportasi massal…

SIAP Bangun Hunian Terjangkau Dekat Stasiun - Tawarkan Kemudahan Akses Transportasi

NERACA Serpong - Tinggal di pinggir perkotaan (kota satelit) yang memiliki sarana transportasi kereta, saat ini telah menjadi pilihan dan…

Intiland Bangun Proyek Hunian Subsidi FLPP - Gandeng Pengembang Lokal

NERACA Jakarta – Sebagai bentuk komitmen mendukung pemerintah untuk mengatasi backlog perumahan lewat program satu juta rumah dan juga memberikan…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Intiland Gandeng Pengembang Daerah Bangun Rumah Sederhana

Intiland Gandeng Pengembang Daerah Bangun Rumah Sederhana NERACA Solo - Pengembang perumahan nasional PT Intiland Development Tbk menggandeng pengembang daerah…

Hotel Indonesia Natour Mulai Untung Tahun 2018

Hotel Indonesia Natour Mulai Untung Tahun 2018 NERACA Jakarta - PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Persero menargetkan tahun 2018 mampu…

Wagub DKI Jakarta - Investor Arab Saudi Berminat Bidang Perumahan

Wagub DKI Jakarta Investor Arab Saudi Berminat Bidang Perumahan NERACA Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno…