Jumlah Lakalantas di Jabar Selama Lebaran Menurun

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno mengungkapkan jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1432 H/2011 di Provinsi Jawa Barat mengalami penurunan sebanyak 3% dibanding tahun lalu.

"Dari data yang saya peroleh dari H-7 hingga H+4, jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas pada tahun lalu sebanyak 251 sedangkan tahun ini 241. Jadi mengalami penurunan tiga persen," kata Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Putut Eko Bayuseno, kepada wartawan, Selasa (6/9).

Jumlah korban yang meninggal dunia saat arus mudik dan balik Lebaran 2011 mengalami penurunan sekitar 51 persen. Tahun lalu ada 79 orang yang meninggal dunia sedangkan tahun ini 38 orang. Jumlah korban yang mengalami luka berat akibat mengalami kecelakaan lalu lintas selama arus balik Lebaran 2011 di Jawa Barat juga menurun. Tahun lalu jumlah luka berat ada 88 orang dan untuk tahun ini ialah sebanyak 60 orang. Jadi mengalami penurunan sekitar 31,3 persen.

"Mayoritas kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu lintas ialah kendaraan roda dua. Penyebabnya karena mengantuk dan kelelahan," katanya.

Related posts