Lagi, Blue Bird Tambah Pool di Semarang

Topang Pariwisata Kota

Selasa, 18/11/2014

NERACA

Jakarta – Sukses mencatatkan saham perdananya di pasar modal, langsung memacu PT Blue Bird Tbk (BIRD) untuk ekspansi lebih agresif lagi. Kali ini, perseroan meresmikan satu lagi pool taksinya di kawasan Tugu, Kota Semarang dan akan menjadi pool kedua di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut.

Dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (17/11), Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono mengatakan, dengan kehadiran pool taksi Blue Bird bisa mendekatkan kepada masyarakat dan kemudahan dalam memesan taksi, “Kami berharap kehadiran pool taksi Blue Bird di kawasan Tugu ini tidak hanya berdampak pada kemudahan mendapatkan pelayanan, tapi juga menunjang pariwisata kota Semarang, dan berkontribusi pada peningkatan perekonomian masyarakat,”ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi atas pembukaan pool kedua Blue Bird karena dapat kepercayaan untuk ikut serta membangun sarana transportasi umum di Semarang. Berdasarkan hasil registrasi penduduk 2013, jumlah penduduk Semarang tercatat sebesar 1.572.105 jiwa dengan pertumbuhan penduduk selama 2013 sebesar 0,83%. Peningkatan jumlah penduduk ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan transportasi di Semarang. Sebagai gambaran, pada 2014, dalam satu hari, Blue Bird menerima pesanan lewat telepon rata-rata sebanyak 3.425, dengan penyerapan (terlayani) rata-rata sebanyak 3.275.

Adrianto menambahkan, kehadiran pool kedua Blue Bird di kota Semarang akan menambah jumlah armada taksi baru sebanyak 100 unit secara bertahap. “Dari data permintaan di atas, kami melihat ada sejumlah panggilan pelanggan yang belum dapat dipenuhi. Itu baru melalui telepon, belum lagi untuk pelanggan yang mengambil taksi langsung di jalan. Padahal, saat ini, Blue Bird Semarang telah diperkuat dengan 400 unit taksi dengan jumlah pengemudi sebanyak 595 orang. Oleh karena itu, penambahan armada dan pool baru ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, ”ungkapnya.

Dirinya juga mengungkapkan, dengan penambahan armada berarti pula membuka peluang penyerapan tenaga kerja bagi warga kota Semarang dan sekitarnya. Sebab, untuk memenuhi kegiatan operasional, Blue Bird masih membutuhkan pengemudi kurang lebih sebanyak 160 orang.

Asal tahu saja, secara total, Blue Bird saat ini telah memiliki lebih dari 30.000 unit armada yang tersebar di 17 lokasi di seluruh Indonesia. Jumlah ini sudah termasuk armada taksi reguler, eksekutif, layanan limusin dan sewa mobil, serta lifecare (taksi khusus yang didesain untuk masyarakat dengan disabilitas). Blue Bird akan terus berencana untuk mengembangkan bisnis dengan menambah jumlah armada taksi dan juga pool. (bani)