CIMB Niaga Berbagi Literasi Keuangan dengan Pelajar

Jumat, 14/11/2014

NERACA

Jakarta - Setelah mengunjungi sejumlah kota di Tanah Air diantaranya Nangroe Aceh Darussalam dan Jayapura, Papua, PT Bank CIMB Niaga Tbk kembali melaksanakan kegiatan corporate social responsibilty bertajuk Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) 2014 di Jakarta dan sekitarnya.

Sepanjang November ini, CIMB Niaga melakukan edukasi di bidang perbankan kepada sekitar 900 siswa-siswi dari 6 sekolah dasar (SD), yakni SD Bina Gita Gemilang, SD Starfish, SD Santo Yakobus, SD Negeri 01 Karet Tengsin, SD Bunda Hati Kudus, dan SD Kristen Tunas Bangsa Gading Serpong.

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga, Lidya Wulan Tumbelaka mengatakan, sebagai program yang dirancang untuk mendukung gerakan nasional literasi keuangan (financial literacy), AMDB diisi dengan sejumlah aktivitas yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan anak-anak menabung sejak dini dan berbagi dengan sesama.

Menurut Wulan, sejak diluncurkan pada 2011 hingga akhir 2013, AMDB telah berhasil menjangkau lebih dari 11.200 siswa di 67 SD dan 11 kota di Indonesia. "Kami berharap semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar dan memahami dengan baik keberadaan dan fungsi perbankan, sehingga dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya di Jakarta, Kamis (13/11).

Adapun aktivitas yang dilaksanakan dalam AMDB adalah Kit for Kids, video games ‘run banking run’, dan mini banking role play.

Kit for Kids, lanjut Wulan, adalah aksi penanaman pohon dengan media kaleng, sebagai simbol pentingnya menabung atau berinvestasi. Sedangkan untuk menumbuhkan semangat berbagi dengan sesama, dilakukan aksi penggalangan dana kepada para siswa melalui rekening khusus program AMDB 064.01.64927.00.9.

Dana yang terkumpul selanjutnya disalurkan kepada yayasan-yayasan yang peduli dan mempunyai komitmen pada peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Selain Kit for Kids, ada juga permainan video games ‘run banking run’. Dalam permainan ini, anak-anak harus mendapatkan koin sebanyak-banyaknya.

Tak hanya itu, setiap bertemu dengan kantor cabang CIMB Niaga, mereka wajib menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan ilmu perbankan. Adapun kegiatan terbaru dalam AMDB adalah mini banking role play, di mana anak-anak diarahkan untuk berperan sebagai petugas bank seperti teller, customer service, maupun guest relationship officer.

“Tujuannya, supaya anak-anak mulai mengenal salah satu bidang pekerjaan yang akan mereka geluti kelak, yakni perbankan,” tutur Wulan.

SiMOLEK untuk edukasi

Kegiatan AMDB di 6 SD di Jakarta dan sekitarnya, dirangkai juga dengan pengoperasian 14 unit Kas Mobil CIMB Niaga dan 20 unit Si MObil LitErasi Keuangan (SiMOLEK) oleh CIMB Niaga di 14 area yaitu Jabodetabek, Medan, Semarang, Surabaya, Bandung, Makassar, Pekanbaru, Cirebon, Yogjakarta, Malang, Samarinda, Banjarmasin dan Manado.

Seperti diketahui, SiMOLEK yang diresmikan Otoritas Jasa Keuangan pada 4 Februari 2014, adalah mobil khusus yang disiapkan dan dioperasikan dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai literasi keuangan, serta mendorong minat masyarakat untuk menggunakan produk dan jasa keuangan.

Wulan juga menjelaskan, mobil SiMOLEK dilengkapi dengan peralatan video literasi untuk memenuhi kebutuhan penyampaian materi edukasi. Selain itu, tersedia juga materi-materi edukasi baik dari OJK maupun CIMB Niaga seperti majalah edukasi, buku seri literasi keuangan, banner dan brosur.

“Upaya kami untuk terus mendukung pengoperasian SiMOLEK diharapkan dapat meningkatkan literasi dan penggunaan produk-produk dan layanan perbankan oleh masyarakat Indonesia yang relatif masih perlu ditingkatkan. Keterlibatan para siswa peserta AMDB ini, merupakan langkah positif untuk mempercepat tujuan dimaksud,” tutup Wulan. [rin]