Bidik Turis Asing, BCA Gaet Amex

NERACA

Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk berupaya memperluas dan meningkatkan total transaksi kartu kredit mancanegara dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan layanan finansial asal New York, American Express (Amex).

"Saat ini, total transaksi mancanegara mencapai 5%-10% dari keseluruhan transaksi menggunakan kartu kredit, itulah yang akan ditingkatkan," kata Senior General Manager Head of Consumer Card BCA, Santoso di Jakarta, Rabu (12/11).

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Santoso, BCA menjalin kerja sama strategis dengan Amex dengan memungkinkan Point of Sales (PoS) BCA yang memiliki logo Amex bisa menerima transaksi menggunakan kartu kredit Amex.

Menurut Santoso, pertumbuhan acquiring bussiness BCA rata-rata mencapai 15%. Dengan ekspansi ini pihaknya mengharapkan pertumbuhan kredit sebesar 18%-20%, khusus acquiring business untuk BCA. Selain itu, dia mengatakan bahwa peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia juga berpengaruh pada kerja sama tersebut.

"Kerja sama tersebut dibuat karena kami melihat sangat banyak turis asing kesulitan membeli barang di Indonesia. Nilai tambah kerja sama tersebut adalah memperkuat kesempatan bagi para merchant agar menjadikan BCA sebagai bank transaksional,” jelasnya.

Merchant adalah orang perorangan atau badan usaha yang menjalankan usaha di bidang penjualan barang dan/atau jasa yang menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau debit.

"Sudah ada permintaan dari merchant terhadap fasilitas pembayaran menggunakan kartu Amex, terutama di merchant yang didatangi turis asing seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung dan Bali," katanya.

Kerja sama strategis dengan Amex menjadikan BCA sebagai pengakuisisi (acquirer) untuk kartu kredit Amex di Indonesia. Sebagai acquiring bank, BCA bertugas menyediakan mesin, dalam hal ini electronic data capture (EDC), sedangkan yang menerbitkan kartu adalah issuing bank. [ardi]

BERITA TERKAIT

Presdir BCA Raih Bankir Terbaik

  NERACA   Jakarta - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja kembali meraih prestasi gemilang pada…

Haram Hukumnya Jual Beli Pulau Ke Pihak Asing

      NERACA   Jakarta - Praktik jual beli pulau ke pihak asing diharamkan, tetapi yang diperbolehkan adalah bila…

Hotel Indonesia Natour Bidik Laba Rp 8,7 Miliar - Pasca Revitalisasi Hotel

NERACA Jakarta - PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Persero targetkan laba tahun ini sebesar Rp8,7 miliar, melonjak signifikan dibanding tahun…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Pembiayaan Bank Syariah Tumbuh Hingga 15%

      NERACA   Jakarta – Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia pada November 2017, penyaluran pembiayaan perbankan…

Bank Banten targetkan Punya Kantor Cabang Di Setiap Kabupaten

      NERACA   Banten - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) menargetkan tahun 2018 ini berdiri…

Kredit Konsumtif Dominasi Perolehan Laba Bank Sultra

    NERACA   Kendari - Secara umum kredit konsumtif masih mendominasi sumber laba Bank Sultra dengan kisaran 87 persen…