Singapore Airlines-Tourism Australia Perkuat Kemitraan Komersial

Jasa Penerbangan

Kamis, 13/11/2014

NERACA

Jakarta – Singapore Airlines dan Tourism Australia telah mengumumkan rencana memperdalam kemitraan komersial mereka yang telah ada dengan menandatangani kesepakatan strategis pemasaran 3 tahun senilai total A$12 juta. Melalui kesepakatan ini kedua belah pihak akan mendanai serangkaian kampanye pariwisata dan aktivitas promosi di tujuh pasar wisata kunci – Singapura, Malaysia, Indonesia, India, Inggris, Jerman dan China.

Singapore Airlines akan menjadi mitra maskapai penerbangan eksklusif untuk semua kampanye Restaurant Australia di Singapura, India, Indonesia dan Malaysia serta menyediakan penerbangan internasional untuk acara kunci dari Tourism Australia yakni Corroboree Europe trade event, yang akan diselenggarakan di Adelaide pada tahun 2015.

Mak Swee Wah, Executive Vice President Commercial Singapore Airlines mengatakan bahwa kemitraan strategis dengan Tourism Australia tetap menjadi kunci untuk mendorong masuknya wistawan.

“Saat dunia berkompetisi untuk menarik para pengunjung dari pasar-pasar pertumbuhan utama, Singapore Airlines terus berinvestasi untuk mempromosikan Australia, membangun eksistensi yang telah berlangsung sejak lama dan terus melakukan ekspansi di gerbang-gerbang utama negara tersebut,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu.

“Kombinasi kehebatan pemasaran Tourism Australia dengan jangkauan dari jaringan Singapore Airlines tetap menjadi proposisi yang memikat di pasar-pasar kunci dalam rangka membawa wisatawan datang ke Australia. Dengan memanfaatkan kesempatan yang ada di seluruh Eropa dan Asia dalam kemitraan dengan Tourism Australia memungkinkan kami dapat menjangkau tingkat konversi yang lebih baik dan memantapkan Singapura sebagai pintu gerbang penghubung yang optimal ke Australia,” tambahnya.

John O’Sullivan Managing Director Tourism Australia mengatakan dukungan Singapore Airlines untuk kampanye Restaurant Australia termasuk menyediakan penerbangan untuk lebih dari 30 orang influencers makanan Asia dan wine terkenal yang ikut mengambil bagian di akhir kampanye — sebuah sosialiasi media di seluruh negara dan gala dinner di MONA Tasmania pada tanggal 14 November.

“Singapore Airlines adalah salah satu mitra maskapai penerbangan yang telah menjalin kerja sama dalam waktu yang paling lama, dengan hubungan yang sudah teruji selama lebih dari dua dekade. Dari tahun ke tahun, Singapore Airlines telah mendukung kampanye internasional kami, dan saya gembira bahwa hubungan ini akan terus berlanjut dengan penawaran terbaru kami, yaitu Restaurant Australia,” kata dia.

“Asia terus menerus menjadi lokomotif untuk pariwisata Australia. Sebagai salah satu maskapai internasional terbesar yang melayani seluruh kota besar di Australia, Singapore Airlines merupakan mitra maskapai penerbangan yang sangat penting bagi kami untuk memacu pertumbuhan jumlah kedatangan wisatawan internasional,” imbuhnya.

Selain Selandia Baru, Singapura adalah negara yang paling terhubung dengan Australia. Beberapa tahun belakangan ini, Singapura telah muncul sebagai salah satu pasar pariwisata paling penting bagi Australia. Saat ini, Singapura merupakan sumber wisatawan internasional terbesar kelima di mana pengunjung dari Singapura menghasilkan pendapatan sebesar A$1,1 miliar pada total belanja tahun 2013.

Terdapat 368.400 pengunjung dari Singapura dalam periode 12 bulan yang berakhir pada 30 September 2014, dengan peningkatan tahunan sebesar 14.4%. Strategi Wisata 2020 memperkirakan bahwa pasar Singapura memiliki potensi untuk tumbuh antara A$2,3 miliar hingga A$2,8 miliar dalam hal total belanja tahun 2020.