Lebaran, Trafik Telekomunikasi Naik Signifikan

NERACA - Berkah Idul Fitri bukan hanya dirasakan oleh masyarakat saja. Hal ini juga dirasakan oleh hampir seluruh operator telekomunikasi yang ada di Indonesia. Menurut data yang diterima Harian Neraca telah terjadi lonjakan trafik telekomunikasi yang mencapai rata-rata 20 persen.

Kenaikan trafik ini memang sudah diprediksi akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Untuk itu operator saling berlomba memberikan layanan terbaik, dan juga berbagai program bonus yang cukup menggiurkan para pelanggan. karena pada saat lebaran masyarakat lebih sering menggunakan handphone untuk bersilahturahmi.

Salah satu operator yang mengalami berkah peningkatan trafik saat lebaran adalah XL Axiata. Menurut Head of Corporate Communication Febrianti Nadira, kenaikan trafik secara nasional saat lebaran mencapai 23,37 persen. Lonjakan sendiri terjadi paling tinggi di daerah Pulau Jawa.

“Kenaikan tertinggi terjadi di kawasan Central (Jabar, Jateng & DIY), 61,07 persen, disusul Northern Sumatera (Sumut, NAD, Riau, Ridar & Sumbar): 31,11 persen dan East (Jatim, Bali, NTB & NTT), 29,91 persen,” terang Ira, panggilan akrabnya.

“Pada saat Lebaran trafik percakapan mencapai 620 juta menit (naik 17 persen), SMS: 780 juta SMS (naik 23,8 persen ) dan data: 34,5 terabytes (naik 4,5 persen),” sebutnya lagi.

Dia menambahkan, pada hari biasa trafik percakapan mencapai 530 juta menit, sementara SMS sebesar 630 juta SMS dan data, berjumlah 33 terabytes. Pencapaian yang didapat pihak XL Axiata juga didukung oleh infrastruktur yang memang sudah dipersiapkan sebelum jauh-jauh bulan ramadhan. “Hal ini karena kami menginginkan agar para pelanggan kami mendapatkan kemudahan dan tidak ada gangguan saat lebaran,” tegasnya.

Sementara lonjakan yang sama juga dialami oleh operator Axis, menurut data yang dikeluarkan oleh perusahaan trafik layanan suara dan SMS Axis mengalami peningkatan dua kali lipat selama Idul Fitri 2011 lalu. Chief Technology Officer Axis Michael McPhail menjelaskan, peningkatan trafik layanan suara mengalami peningkatan lebih dari 40 persen dan peningkatan trafik SMS sekira 20 persen dibandingkan kondisi pada hari normal. Sementara peningkatan trafik layanan data Axis mencapai tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Tim Network Operations AXIS yang mengawasi sistem jaringan dan infrastruktur melaporkan tidak ada kendala besar yang dialami dan semua hasil pengecekan menunjukkan seluruh sistem dan elemen bekerja dengan baik,” jelas McPhail.

Hal yang sama juga dirasakan Telkom Flexi yang mengalami kenaikan sekitar 23 persen jika dibandingkan dengan jumlah panggilan hari biasa. Menurut Operations Vice President Public Relations Telkom Agina Siti Fatimah bahwa saat yang bersamaan layanan pesan singkat (SMS) naik 25 persen menjadi sekitar 42 juta SMS. Menurut data pengiriman ucapan Idul Fitri didominasi layanan SMS, namun tahun ini lebih beragam meliputi layanan berbasis data, seperti media sosial, instant messaging dan push e-mail.

Peningkatan akses internet tercermin dari trafik paket data melalui layanan FlexiNet Unlimited yang melonjak 32 persen atau mencapai 16 terrabita. Menurut catatan, jumlah pelanggan Fexi saat ini mencapai 18,5 juta nomor. Namun, layanan internet cepat Speedy Telkom selama Lebaran 2011 mengalami penurunan.

Pada hari H Lebaran (31/8) trafik Speedy tercatat 72,09 Gbps atau turun 46 persen dibanding sebelum Idul Fitri yang mencapai 134 Gbps, dan berangsur naik pada 1 September 2011 seiring kembalinya aktivitas sebagian besar masyarakat.

Dijelaskan Agina penurunan tersebut cukup wajar mengingat aktivitas sebagian besar pelanggan yang berjumlah 2,1 juta didominasi persiapan mudik dan menyambut Lebaran. Agina menegaskan, Telkom senantiasa memberikan yang terbaik kepada pelanggan, khususnya pada hari-hari istimewa seperti Idul Fitri. ”Kami terus memantau perkembangan untuk memastikan layanan baik pada segmen Flexi, Speedy, SLI maupun telepon rumah agar tidak terganggu,” katanya.

Related posts