Kartini Blue Bird, Bekali Perempuan Bangun Usaha Mikro

NERACA

PT Blue Bird Tbk (“BIRD”) menghadirkan kegiatan program tanggung jawab sosial perusahaan yang diberi nama Kartini Blue Bird. Program ini merupakan program social entrepreneurship di bawah payung Blue Bird Peduli, dan ditujukan bagi perempuan Indonesia, terutama ibu-ibu rumah tangga.

Peluncuran Kartini Blue Bird ditandai dengan peresmian Rumah Belajar dan Produksi yang berlokasi di kawasan Bekasi Selatan. Berlokasi di kawasan Bekasi Selatan, tepatnyaRuko Galaxi, Jalan Pulo Sirih Barat Raya M05, ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan untuk para peserta kursus Kartini Blue Bird.

“Kartini Blue Bird adalah kelanjutan dari program pemberdayaan perempuan yang sudah kami lakukan sejak tahun lalu. Ketika itu, kami memulai program dengan memberikan kursus keterampilan kepada istri pengemudi. Kini setelah selesai ataupun mahir, mereka bisa menjadi mentor untuk teman-teman lain ataupun membuka usaha sendiri. Tergantung minat dan bakat mereka,” ujar Noni Purnomo, Ketua Blue Bird Peduli.

Peserta Kartini Blue Bird akan mendapatkan pembekalan yang end-to-end untuk memastikan program ini berkelanjutan. Pembekalan tersebut antara lain Infrastruktur: Blue Bird mendirikan Rumah Belajar dan Produksi Kartini Blue Bird yang di dalamnya terdapat berbagai fasilitas belajar dan produksi untuk industri rumah tangga di bidang konveksi dan makanan.

Kemampuan/skill: Blue Bird mengadakan kelas-kelas belajar menjahit, menyulam, bedding, memasak, serta membuat kue, dengan pengajar-pengajar yang juga ibu rumah tangga. Para Kartini Blue Bird juga akan mendapatkan pelatihan manajerial, di antaranya bagaimana cara memasarkan barang dan mengembangkan bisnis.

Pembiayaan bisnis: Blue Bird memberikan dana pinjaman lunak untuk membantu para peserta belajar untuk berproduksi dan memasarkan produknya. Dana tersebut didapatkan dari Blue Bird, maupun pembiayaan lunak UKM bekerja sama dengan pihak ketiga. Pengembalian pinjaman tidak dilakukan dengan dana, melainkan dalam bentuk produk.

“Dengan pembekalan yang diberikan dalam Kartini Blue Bird, kami berharap dapat lahir wira usahawan rumah tangga yang kuat. Dengan demikian, para ibu dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga,” ujar Noni.

Untuk satu tahun ke depan, Blue Bird menargetkan 500 orang ibu dapat berperan dalam kegiatan Kartini Blue Bird. “Ke depannya, Blue Bird akan terus mengembangkan kegiatan ini dengan mendirikan sejumlah Rumah Belajar dan Produksi di lokasi lain dan menyasar lebih banyak ibu, sehingga tidak terbatas pada istri pengemudi Blue Bird,” harap Noni.

BERITA TERKAIT

Sinergi Pesantren dengan Pembiayaan Ultra Mikro

      NERACA   Jakarta - Pemerintah mendorong sinergi pondok pesantren dengan program pembiayaan Ultra Mikro yang diyakini dapat…

Bandara Soetta akan Bangun Terminal IV

    NERACA   Tangerang - Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, akan membangun terminal IV untuk menambah kapasitas penumpang. “Saya…

Desainer Muda Dipacu Jadi Pelaku Usaha Rintisan Sektor Fesyen - Dunia Usaha

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi dan dukungan kepada Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dalam melaksanakan Modest Fashion…

BERITA LAINNYA DI CSR

Lewat Permainan Interaktif Digital - SHARP Bersedekah Bagikan 1000 Paket di 22 Kota

Indahnya berbagi kepada sesama kembali dilakukan PT SHARP Electronics Indonesia. Lewat program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility…

APP Sinar Mas Wakafkan 10 Ribu Al-Quran ke Penjuru Riau

Melanjutkan program tahun sebelumnya, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama PT Arara Abadi, PT Indah Kiat Pulp &…

Sinergi Dalam Kebaikan - Pertamina Santuni 38 Ribu Anak Yatim dan Dhuafa

Memanfaatkan keberkahan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H, PT Pertamina (Persero) pacu meningkatkan kinerja dan semangat spiritualitas dengan…