Menggugah Minat Baca Anak-anak Prasejahtera

Schneider Electric

Sabtu, 15/11/2014

Meningkatkan minat baca anak dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan tanggungjawab semua masyarakat, baik organisasi atau individu.

NERACA

Yayasan Bulir Padi (Bulir Padi) belum lama ini menerima sumbangan lebih dari 1.000 buku dan dana sebesar Rp 42 juta dari Schneider Electric Indonesia untukmembantu pelaksanaan program PustakaBulir Padi, sebuah taman baca yang terbuka untuk umum dan bertujuan untuk membangun dan melestarikan budaya membaca anak, khususnya dari keluarga prasejahtera, guna meningkatkan pengetahuan mereka.

Schneider Electricmerupakancorporate sponsor pertama yang mendukung programPustaka Bulir Padisecara komprehensif, mulai dari segi penyandang dana gedung hingga ke penyediaan buku.“Semoga kerjasama antara Bulir Padi dan Schneider Electric ini akan menggerakkan hati perusahaan lainnya di Indonesia untuk lebih giat lagi mendukung perkembangan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan,” ujarTia Sutresna,KetuaYayasan Bulir Padi.

Riyanto Mashan selaku Country President Schneider Electric Indonesia mengatakan, Schneider Electric adalah perusahaan yang sangat mendorong semangat generasi muda untuk berinovasi dan membuat perubahan, dan tentunya semangat ini harus dipupuk sejak dini. Namun nyatanya minat baca masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak, masih relatif rendah. Saat ini tercatat satu buku dibaca sekitar 80.000 penduduk Indonesia.

“Menanggapi hal ini, kami dan Bulir Padi bekerjasama mengerakkan program pendidikan yang mendorong dan mendukung minat baca anak-anak dan masyarakat kurang mampu, yaitu melalui Pustaka Bulir Padi,” tutur dia

Donasi ini terlaksana sebagai hasil dari rangkaian kegiatan Global Community Days, dimana Schneider Electric Indonesia menyelenggarakan beberapa kegiatan penggalangan buku dan dana untuk Yayasan Bulir Padi. Lebih dari 1.000 buku dikumpulkan oleh karyawan Schneider Electric di kantor pusat dan 4 pabrik di Jakarta dan sekitarnya pada acara book drive yang diselenggarakan selama satu minggu antara tanggal 22-26 September 2014.

Selain sumbangan buku, dana sebesar EUR1.500 juga telah diberikan oleh Yayasan Schneider Electric yang berkantor pusat di Paris, Perancis. Lalu, melalui kegiatan penggalangan dana bertema “Use Your Legs” pada tanggal 28 September 2014 lalu di Jakarta, sebanyak 250 karyawan Schneider Electric beserta keluarga ikut bergerak jalan dari Senayan sampai Bundaran HI. Dalam kegiatan ini, untuk setiap karyawan yang berjalan 1 km, maka yayasan akan membayarkan 0.5 Euro dan hal ini berlaku secara global di semua cabang Schneider Electric di seluruh dunia. Karyawan dapat berjalan, berlari, bersepeda dan lain lain, sesuai pilihannya.

Dana yang diperoleh dari kantor pusat ini kemudian akan disesuaikan oleh Schneider Indonesia ke dalam bentuk rupiah sehingga total dana yang disumbangkan adalah sekitar Rp42 juta untuk membangun satu gedung Pustaka Bulir Padi.

“Semoga kerjasama kami dengan Yayasan Bulir Padi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengembangkan minat dan kebudayaan membaca anak sejak usia dini. Terlebih lagi, kegiatan ini sangat sejalan dengan program kemasyarakataan Schneider Electric di Indonesia, dimana perusahaan kami terus berusaha untuk membangun komunitas dimana kami beroperasi secara positif dan berkesinambungan,” imbuh Riyanto.

Donasi Schneider Electric untuk Pustaka Bulir Padi akan digunakan untuk biaya pembangunan gedung, fasilitas perpustakaan, dan pelestarian buku. Adapun lokasi yang dipilih di daerah Jakarta Selatan untuk mendukung program relawan karyawan Schneider Electric yang kedepannya akan berkunjung secara berkala dan mengadakan pelatihan umum tentang penghematan energi bagi warga sekitar.

Pustaka Bulir Padi pertama kali didirikan pada bulan Oktober 2013 di Jl. Terusan Belibis, Lapangan Rengas, RW 03 Palmerah, Jakarta Barat dan digunakan oleh anak-anak binaan Bulir Padi serta komunitas di daerah tersebut. Dana untuk membangun serta 1000 buku yang disimpan di perpustakaan umum ini berasal dari berbagai donatur yang mendukung kegiatan fundraising proaktif Bulir Padi sendiri. Pustaka Bulir Padi memberikan akses buku kepada 300 keluarga prasejahtera di daerah RW03 Palmerah, Jakarta Barat.