Integrasi Pelayanan, CIMB Niaga Syariah Relokasi Kantor Cabang

Medan, Sumatera Utara

Rabu, 12/11/2014

NERACA

Medan - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) meresmikan kantor cabang syariah (KCS) Medan di Jalan Iskandar Muda No. 121. KCS yang baru ini merupakan relokasi dari KCS lama, yang sebelumnya berlokasi di Jalan Gatot Soebroto No. 79 Medan, Sumatera Utara.

Head of Sales & Distribution wilayah Sumatera PT Bank CIMB Niaga Tbk, Maya Sartika mengatakan, tersedianya layanan perbankan syariah yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan nasabah, menjadi tuntutan yang harus direspon CIMB Niaga Syariah. Dengan relokasi KCS ini, nasabah dapat lebih mudah, cepat, dan nyaman bertransaksi dengan fasilitas pendukung yang lebih lengkap dan modern.

"Dengan kondisi kantor yang lebih luas ini, kami berharap nasabah dapat lebih nyaman dan lebih menikmati pelayanan terintegrasi dan keramahan yang diberikan CIMB Niaga Syariah. Kami menyadari, berkembangnya CIMB Niaga Syariah di Medan dan Sumatera Utara pada umumnya, tidak lepas dari dukungan masyarakat, khususnya para nasabah setia," ujarnya di Medan, Sumatera Utara, Selasa (11/11).

CIMB Niaga Syariah hadir di Medan sejak 2009. Maya menjelaskan, Medan merupakan wilayah dengan potensi bisnis syariah yang besar di pulau Sumatera. Oleh karena itu, kehadiran CIMB Niaga Syariah di lokasi baru ini adalah komitmen untuk terus mendukung pertumbuhan bisnis dan ekonomi syariah di wilayah ini.

KCS baru dengan luas 400 meter persegi ini, lanjut Maya, menyediakan produk simpanan dan pembiayaan yang didukung oleh jaringan distribusi elektronik seperti Go Mobile (mobile banking) termasukRekening Ponsel, CIMB Clicks (internet banking), phone banking 14041 dan 500 800, cash deposit machine (CDM), video banking, hingga ATM.

CIMB Niaga Syariah menawarkan sejumlah produk simpanan seperti Tabungan iB X-Tra Syariah, Tabungan iB Junior, Tabungan iB Pendidikan, Tabungan iB Perencanaan, Tabungan iB Payroll, Tabunganku iB, dan Tabungan iB X-Tra Mudharabah. Selain itu, ada juga produk Giro iB CIMB Niaga Syariah yang didukung oleh kemudahan transaction banking dan cash management yang handal dan lengkap, serta electronic base layanan bizchannel.

Untuk produk pembiayaan, CIMB Niaga Syariah menyediakan pembiayaan iB kepemilikan rumah (PKR iB), pembiayaan iB kepemilikan mobil (PKM iB), dan pembiayaan iB multiguna. Tersedia juga pembiayaan modal kerja dan investasi untuk kebutuhan pengembangan usaha.

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi di mana pun dan kapan pun dengan tetap sesuai kaidah syariah, nasabah dapat memanfaatkan produk kartu pembiayaan syariah bernama CIMB Niaga Syariah Gold Card.

Menurut Maya, relokasi KCS yang baru ini juga menjadi bagian dari strategi bisnis CIMB Niaga untuk memperbesar skala bisnis syariah melalui penerapan Dual Banking Leverage Model (DBLM). “Melalui sistem DBLM ini pula, kebutuhan masyarakat atas produk dan layanan syariah yang lengkap serta memiliki kualitas setara dengan produk dan layanan perbankan induknya dapat terpenuhi,” ungkapnya.

Perkenalkan Tabungan Haji

Mengambil momentum relokasi KCS Medan ini, CIMB Niaga Syariah kembali memperkenalkan dua produk terbarunya, yakni tabungan iB Pahala Haji dan iB Rencana Haji. Kedua produk simpanan yang secara resmi diperkenalkan pada 28 Agustus 2014 lalu, membidik segmen nasabah yang akan menunaikan maupun merencanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Hadirnya produk ini semakin melengkapi beragam produk simpanan unit usaha syariah bank terbesar kelima di Tanah Air ini.

Hanya dengan setoran awal Rp500 ribu, lanjut Maya, nasabah sudah dapat mengakses iB Pahala Haji, yakni tabungan dalam mata uang Rupiah untuk nasabah perorangan yang berbasis syariah dengan prinsip Mudharabah. Tujuan penggunaan dananya untuk setoran pendaftaran maupun pelunasan haji.

Salah satu keunggulan iB Pahala Haji adalah keterhubungan dengan sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) Kementerian Agama. Sehingga, nasabah yang jumlah tabungannya telah memenuhi jumlah minimum syarat pendaftaran haji, secara pasti bisa mendaftarkan diri menjadi calon jamaah haji, dan mendapat nomor porsi untuk keberangkatan haji.

Adapun iB Rencana Haji, adalah tabungan berjangka dalam mata uang Rupiah untuk nasabah perorangan yang berbasis Syariah dengan prinsip Mudharabah. Tujuan penggunaan dananya untuk setoran pendaftaran maupun pelunasan haji dengan sistem autodebet setoran rutin bulanan. Per 30 September 2014, CIMB Niaga Syariah mencatatkan perolehan dana pihak ketiga sebesar Rp4,88 trilliun dan penyaluran pembiayaan sebesar Rp5,90 trilliun secara bankwide. [rin]