Pasar Modal Tidak Lagi Ekslusif

Rabu, 12/11/2014

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengharapkan Gerakan Nasional Cinta Pasar Modal atau Genta Pasar Modal dapat membuat investasi tidak dianggap ekslusif oleh masyarakat Indonesia,”Selama ini masrakat masih menilai investasi di pasar modal itu eksklusif. Padahal masyarakat bisa berinvestasi hanya dengan nilai yang relatif tidak terlalu besar,”kata Direktur Pengembangan BEI, Friderica Widyasari Dewi di Jakarta, kemarin.

Dia memaparkan bahwa BEI akan meluncurkan produk "Sahamku" dan "Reksadanaku" sebesar Rp100.000, di mana saat ini dengan hanya Rp100.000 masyarakat sudah bisa menjadi investor di pasar modal, baik yang bertransaksi saham secara langsung maupun melalui reksa dana.

Lanjutnya, genta pasar modal merupakan agenda yang bersifat jangka panjang dan berkelanjutan serta terpadu dengan melibatkan beberapa pihak seperti dari akademisi, Anggota Bursa, Manajer Investasi, dan emiten. Diharapkan masyarakat domestik dapat menikmati keuntungan yang dihasilkan oleh pasar modal Indonesia.

Menurutnya, program ini akan fokus pada peningkatan literasi pasar modal dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah investor di pasar modal melalui berbagai kegiatan sosialisasi dan edukasi. Selain itu, Genta Pasar Modal juga bertujuan untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan dan cara berinvestasi yang benar di pasar modal melalui program sosialisasi dan edukasi.

Disamping itu, program ini juga mendorong investor tradisional bergeser menjadi investor pasar modal dengan memberikan gambaran kelebihan investasi di pasar modal dibandingkan investasi lain. Dan, memberi gambaran bagaimana investasi di pasar modal menjadi alternatif investasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/bani)