September, Penjualan Eceran Meningkat - Survey Bank Indonesia

NERACA

Jakarta - Hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia pada September 2014 menunjukkan pertumbuhan penjualan eceran yang kembali meningkat.

Berdasarkan keterangan resmi Bank Indonesia yang diterima di Jakarta, Senin (10/11), hal tersebut tercermin dari pertumbuhan Indeks Penjualan Riil (IPR) September 2014 sebesar 17,9% (year on year/yoy), lebih tinggi dari 8,9% (yoy) pada bulan sebelumnya.

Peningkatan pertumbuhan terutama didorong oleh penjualan riil kelompok barang lainnya dari minus 16,8% (yoy) menjadi 15,2% (yoy).

Peningkatan pertumbuhan penjualan terjadi di seluruh kota yang disurvei, dengan peningkatan tertinggi terjadi di kota Jakarta yaitu sebesar minus 9,4% (yoy) dari bulan sebelumnya yang terkontraksi minus 32,1% (yoy).

Penjualan eceran diperkirakan kembali meningkat pada Oktober 2014 didorong oleh optimisme terhadap perbaikan daya beli masyarakat dan distribusi barang yang lancar.

Pertumbuhan tertinggi diperkirakan terdapat pada penjualan riil kelompok peralatan informasi dan komunikasi.

Survei juga mengindikasikan bahwa ekspektasi terhadap tekanan harga pada tiga bulan mendatang (Desember 2014) diperkirakan meningkat.

Indikasi itu terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan mendatang yang tercatat sebesar 156,5 atau naik 4,5 poin dibandingkan IEH hasil survei pada bulan sebelumnya.

Meningkatnya ekspektasi tersebut antara lain dipengaruhi oleh kekhawatiran terkait rencana pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak Bersbusidi dan kenaikan harga barang dari distributor.

Di sisi lain, pada enam bulan mendatang (Maret 2015), IEH diperkirakan turun menjadi 129,6 dari bulan sebelumnya yang sebesar 135,1. [ardi]

BERITA TERKAIT

XL Beri Apresiasi Mitra Penjualan Online - Genjot Penjualan Layanan Data

NERACA Jakarta - Berhasil meningkatkan penjuakan paket data melalui online hingga 17% dari total penjualan saluran distribusi modern (modern channel)…

Kapasitas Produksi ROTI Meningkat Tajam - Dua Pabrik Beroperasi di 2019

NERACA Jakarta – Seiring dengan rampungnya dua pabrik roti milik PT Nippon Indosari Corporindo Tbk (ROTI) di Lampung dan Gresik,…

BRI Jalin Kerjasama dengan Bank Lampung

  NERACA   Bandar Lampung - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk kembali perkuat kerja sama dengan Bank Pembangunan…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Pembiayaan Bank Syariah Tumbuh Hingga 15%

      NERACA   Jakarta – Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia pada November 2017, penyaluran pembiayaan perbankan…

Bank Banten targetkan Punya Kantor Cabang Di Setiap Kabupaten

      NERACA   Banten - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) menargetkan tahun 2018 ini berdiri…

Kredit Konsumtif Dominasi Perolehan Laba Bank Sultra

    NERACA   Kendari - Secara umum kredit konsumtif masih mendominasi sumber laba Bank Sultra dengan kisaran 87 persen…