Kinerja Solid Berikan Nilai Tambah Bagi Express

Bukukan Pendapatan Rp 640,15 Miliar

Selasa, 11/11/2014

NERACA

Jakarta – Ditengah melambatnya pertumbuhan ekonomi, PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) mampu menunjukkan performance kinerja keuangan yang memuaskan berkat kinerja yang solid. Dimana pada kuartal tiga tahun ini, Express Group memperoleh memperoleh pendapatan sebesar Rp 640,15 miliar. Pendapatan ini mengalami peningkatan sebesar 26% atau Rp 133,86 miliar jika dibandingkan dengan pendapatan tahun lalu sebesar Rp 506,29 miliar.

Dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (10/11), Merry Anggraini, General Manager Corporate Secretary Express Group mengatakan, pencapaian di kuartal ketiga tahun ini ditopang oleh berjalannya strategi ekspansi bisnis Express Group seperti yang direncanakan sejak awal tahun. ”Kami senang bahwa pada kuartal ketiga tahun 2014 ini, kami berhasil mempertahankan kinerja yang baik. Sebagai perusahaan transportasi darat terkemuka di Indonesia yang didukung beberapa unit bisnis yang saling melengkapi, kami berada pada posisi yang sangat baik untuk dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan pasar,”ungkapnya.

Dirinya menyakini, berbagai berbagai strategi yang sudah dilakukan perseroan untuk memberikan nilai tambah bagi konsumen dan pemegang saham. Tidak hanya pendapatan yang tumbuh positif, laba Express Group juga ikut terkerek naik sebesar Rp 14,09 miliar atau senilai 15% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, dimana total net income Express per 30 September 2014 ini mencapai Rp 109,25 miliar. Selanjutnya di kuartal keempat tahun 2014, Express Group masih tetap fokus menjalankan strategi ekspansi bisnis yang direncanakan sejak awal tahun dan terus melakukan inovasi bagi kepuasan konsumen, salah satunya dengan merambah ke ranah digital.

Memasuki akhir tahun 2014 ini, Express Group juga mulai menggandeng 2 pabrikan mobil mewah kelas global untuk memperkuat lini bisnis taksi premium di Indonesia. Dengan strategi ini, Express Group memprediksikan laba operasional hingga akhir tahun ini bisa meningkat hingga 35%, atau melebihi laba operasional hingga akhir tahun lalu, yakni sekitar 30%,”Kami yakin Express Group saat ini berada di jalur yang tepat untuk melaksanakan strategi merealisasikan target tahun ini dengan meningkatkan efisiensi dan keunggulan, serta memaksimalkan pelayanan melalui keunggulan operasional,” kata Merry.

Tingkatkan Posisi Pasar

Sepanjang 2014, Express Group telah mengambil beberapa langkah strategis yang berhasil meningkatkan posisi pasar, di antaranya dengan menambah jumlah armada taksi reguler di berbagai daerah operasi seperti Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek), Medan Padang, Semarang, Surabaya dan Lombok. Express Group juga melakukan ekspansi di lini bisnis taksi premium dan bus pariwisata untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen.

Di sisi kepuasan pelanggan, sepanjang tahun ini, Express Group sangat konsisten melakukan revitalisasi call center, meluncurkan inovasi aplikasi mobile Express Now untuk platform iOS dan Android, serta memperkenalkan Express Card untuk memudahkan konsumen memesan dan melakukan pembayaran Taksi Express dengan sistem prabayar. Direktur Keuangan PT Express Transindo Utama Tbk, David Santoso pernah bilang, Express sangat mengerti kebutuhan masyarakat perkotaan yang menginginkan kemudahan memperoleh moda transportasi yang terpercaya melalui gadget mereka. “Kami berharap kehadiran Express Now bisa memberikan layanan pemesanan taksi Express dengan cepat, mudah dan nyaman langsung dari gadget mereka hanya dengan sekali klik,” jelas David Santoso.

Menurutnya, aplikasi Express Now memberikan direct order kepada taksi yang berada di wilayah pemesanan, sehingga taksi Express akan mudah menjangkau dan mempersingkat waktu menjumpai pemesan. Melalui aplikasi ini juga customer dapat mengetahui lokasi (tracking) taksi yang telah dipesan dengan menggunakan sistem GPS yang terpasang di setiap taksi. (bani)