Menentukan Warna Cat Ruang Kantor

Sabtu, 08/11/2014

Dalam sebuah bangunan, pemilihan warna memang menjadi sesuatu yang sangat penting. Warna juga menjadi sebuah simbol perasaan seperti psikologis, motivasi, dan estetika. Warna juga dapat menyampaikan sebuah pesan identitas dan juga menjadi sebuah simbol perasaan. Terkadang kita tidak menyadari mengapa terkadang kita merasa malas untuk bekerja di ruangan kantor. Tapi kita malah merasa lebih nyaman ketika berada di rumah.

Mungkin itulah sebabnya sejumlah arsitek kerap memberikan rekomendasi kepada pimpinan perusahaan jika menginginkan ada mood positif diruang kerja. Warna yang dipilih di ruang kerja sebaiknya menggunakan warna netral seperti putih.Tentunya hal itu harus diperkuat dengan mempergunakan pencahayaan yang maksimal dimaksudkan agar pegawai yang bekerja di ruangan tersebut bisa bekerja dengan maksimal.

Untuk ruang kafetaria, ruangan ini harus diberikan warna yang ceriah, seperti merah atau orange. Warna- warna seperti itu diharapkan bisa kembali meningkatkan semangat pegawai setelah bekerja. Apalagi biasanya ketika pegawai masuk ke ruangan tersebut dalam keadaan lelah. Pemberian warna yang cerah juga perlu dilakukan di ruang rapat. Kalau perlu, mempergunakan tiga warna sekaligus seperti orange, kuning dan hijau.

Perusahaan yang kerap merubah citranya sebaiknya mempergunakan warna-warna yang tidak alami. Sebab warna alami tidak terlalu susah untuk diganti atau dihilangkan. karena biasanya warna alami berasal dari bahan alami yang sulit untuk dirubah. Kita juga perlu pilihan cat kantor model sekarang yang tidak lagi mencerminkan suasana formal.

Kalau beberapa tahun lalu warna putih atau krem mendominasi warna ruang perkantoran, berbeda dengan sekarang yang hampir semua ruang perkantoran memilih warna-warna mencolok di beberapa ruangan kantor. Perpaduan warna kantor memang mempengaruhi mood dan perasaan orang yang berada di dalamnya. Sebab warna terlihat oleh mata dan menimbulkan persepsi pada yang melihatnya. Persepsi pegawai terhadap tempat kerjanya yang hanya memiliki satu warna tentu akan lebih rendah dibandingkan dengan pegawai yang bekerja di kantor yang memiliki banyak warna.

Pegawai yang warna cat kantornya hanya memiliki satu warna cenderung lebih pasif dibandingkan pegawai yang kantornya mempunyai banyak warna. Oleh karena itu, dalam memilih warna kantor ada baiknya disesuaikan pada jenis dan kegiatan utama dari kantor tersebut. Kantor yang mengharuskan pegawainya bertahan lama di dalam ruangan baiknya diberikan warna yang terang seperti merah atau hijau. Tentunya hal itu juga harus dipengaruhi oleh pencahayaan ruangan. Sebab akan mempengaruhi warna di dalam ruangan.