ibis Jakarta Kemayoran Ikuti Perubahan Tren

Bisnis Perhotelan

Kamis, 06/11/2014

NERACA

Jakarta – Accor, operator hotel internasional terkemuka di Asia Pasifik dan Indonesia, belum lama ini merayakan dua dekade kesuksesan ibis Jakarta Kemayoran. Berdiri pada tahun 1994, ibis Jakarta Kemayoran adalah hotel pertama yang dioperasikan Accor di Indonesia sekaligus merupakan hotel ibis pertama di Asia. ibis Jakarta Kemayoran belum lama ini menjalani renovasi besar-besaran untuk memberikan pengalaman menginap yang lebih berkesan kepada para tamu hotel, di seluruh 130 kamar hotel tersebut, termasuk lobi, area publik, restoran, kolam renang dan fasilitas spa, dengan investasi hampir Rp 6 miliar.

Gerard Guillouet, Chief Operation Officer, Accor Malaysia, Indonesia and Singapore, mengatakan, perayaan kesuksesan 20 tahun beroperasinya ibis Jakarta Kemayoran adalah tonggak sejarah penting bagi Accor Group di Indonesia karena hotel ini mencerminkan awal kiprah Accor beroperasi di Indonesia. “Sebagai hotel ibis pertama di Indonesia dan di Asia, ibis Jakarta Kemayoran menjadi tolok ukur bagi seluruh hotel ibis yang kemudian dibuka dan tetap menjadi salah satu hotel terkemuka di segmen hotel ekonomi. Hotel ibis Jakarta Kemayoran terus berinovasi terhadap perubahan tren dan telah menerapkan konsep ibis yang baru untuk mengedepankan komitmen brand ibis. Inisiatif ini menghadirkan kenyamanan terbaik serta menyediakan kamar hotel yang nyaman dengan fasilitas lengkap berikut area lobi yang modern, semua dapat diperoleh dengan harga terjangkau,” kata Gerard, dikutip dari keterangan resmi, Rabu.

“Tentu saja, kami tidak dapat meraih kesuksesan ini sendirian. Kami sangat menghargai kepercayaan yang diberikan oleh mitra kami, PT Asia Wisata Promosindo, yang telah diberikan selama dua puluh tahun kepada kami dan kami optimis kemitraan ini akan terus berlanjut. Kami juga menghargai kontribusi para karyawan hotel dan General Manager ibis Jakarta Kemayoran dalam membangun kepercayaan pemilik hotel dan para tamu hotel selama ini,” tambah Gerard.

Accor adalah operator hotel international terkemuka yang memimpin segmen hotel ekonomi, yang mengoperasikan lebih dari 1.700 hotel dalam jajaran keluarga ibis serta 196.000 kamar di seluruh dunia, yang terdiri dari 1.012 hotel ibis (18 di Indonesia), 252 hotel ibis Styles (12 di Indonesia), dan 521 hotel ibis budget (6 di Indonesia).

Seluruh hotel dalam jaringan Accor di Indonesia disosialisasikan melalui situs booking Accorhotels.com yang hadir dalam 16 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia dan membukukan lebih dari 25 juta room nights di seluruh dunia tahun lalu. Situs Accorhotels.com dan situs-situs brand hotel dalam jaringan Accor telah dikunjungi oleh lebih dari 300 juta calon tamu setiap tahunnya dan memiliki lebih dari 14,5 juta anggota program loyalitas LeClub Accorhotels.

Gerard Guillouet menambahkan, ibis Jakarta Kemayoran telah beroperasi selama 20 tahun dan terus menjadi tolok ukur dalam segmen hotel ekonomi di Indonesia. “Kami ingin menjadi yang terbaik dan selalu berinovasi untuk meningkatkan kepuasan tamu hotel, termasuk menerapkan konsep ibis yang baru: Sweet BedTM by ibis yang saat ini tersedia di seluruh kamar hotel; kami telah merenovasi lobi dan area publik dan menghadirkan suasana modern serta restoran baru yang didesain untuk menyediakan pengalaman kuliner tradisional dan internasional bagi para tamu hotel,” ujarnya.

ibis Jakarta Kemayoran memiliki lokasi yang strategis di pusat kota dan dekat dengan pusat MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) di Kemayoran, pusat perbelanjaan Mangga Dua dan Stasiun Kereta Gambir. Hotel ini telah merenovasi 130 kamar hotelnya dan saat ini mengadopsi desain yang kontemporer serta dilengkapi dengan fasilitas berstandar internasional serta amenities yang mengedepankan kepraktisan ruang dan kenyamanan. Setiap kamar hotel memiliki meja kerja, TV LCD 29-inch, kotak brankas, fasilitas membuat teh/kopi dan akses internet Wi-Fi gratis.

ibis Jakarta Kemayoran memiliki ibis Kitchen Restaurant seluas 170m2 yang menawarkan beragam hidangan prasmanan internasional dan à la carte. Bar dan lounge juga merupakan tempat ideal bagi tamu hotel yang sedang melakukan perjalanan bisnis maupun berlibur untuk bersantai serta menikmati beragam pilihan makanan dan minuman yang tersedia.

ibis adalah brand hotel ekonomi pertama yang memperoleh sertifikasi ISO 9001 untuk profesionalisme dan kepercayaan pelanggan. Saat ini 86% hotel dalam jaringan hotel ibis di seluruh dunia telah meraih sertifikasi tersebut, termasuk ibis Jakarta Kemayoran. Hotel ini juga berkomitmen terhadap lingkungan dan tanggung jawab sosial melalui PLANET 21, program sosial berkelanjutan Accor. ibis Jakarta Kemayoran telah merenovasi seluruh kamar hotel dan menerapkan konsep hemat energi serta berpartisipasi dalam program sosial dan pelestarian lingkungan, “A Tree for A Child” (ATFAC), yang diluncurkan Accor di Indonesia pada tahun 2001 dengan dua tujuan utama yaitu pengentasan kemiskinan dan pelestarian lingkungan.

Sejak ATFAC diluncurkan, program ini telah berhasil melakukan penghijauan kembali dengan menanam lebih dari 100.000 pohon dan membiayai pendidikan lebih dari 150 anak di Indonesia.