Mall Ciputra Peduli Kesehatan Payudara

Sabtu, 08/11/2014

NERACA

Pengetahuan tentang risiko kanker payudara sebagai kanker berbahaya yang paling sering ditemui pada wanita Indonesia, sudah selayaknya diketahui oleh semua orang. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat pada resiko ini, diharapkan dapat memberikan kekuatan moral bagi siapa saja yang telah divonis menderita kanker payudara. Bahkan, dukungan tersebut diharapkan dapat membuat mereka jadi sumber inspirasi bagi wanita-wanita lain.

Dalam meningkatkan kesadaran masyarakat pada risiko kanker payudara, beberapa pusat perbelanjaan mengadakan kegiatan sosial dengan mengajak seluruh pengunjung mal untuk lebih peduli terhadap kesehatan payudara dan memahami sejak dini gejala dan cara penanggulangannya.

Mall Ciputra Jakarta misalnya. Lebih dari 3.200 perempuan berpartisipasi dalam acara edukasi deteksi dini kanker payudara SADARI (periksa payudara sendiri) yang sekaligus untuk memperingati hari kanker sedunia ini digelar di Center Court Mal Ciputra Jakarta lantai LG.

kegiatan dikemas dalam beberapa lomba dan aksi pemecahan museum rekor Indonesia (MURI), yakni edukasi deteksi dini kanker payudara, pengumpulan cap bibir dan lomba menghias bra. Kegiatan deteksi dini kanker dan pengumpulan cap bibir berlangsung sejak 7 Oktober dan melibatkan 1.772 karyawan perempuan PT Mandom Indonesia (PIXY) di Cibitung dan Sunter serta 1.446 siswi sekolah SMKN 51, SMKN 58 dan SMKN 24 serta karyawan dan pengunjung mal.

Adapun untuk lomba menghias bra, mal bekerja sama dengan PT Indonesia Wacoal yang menyediakan bra, dan melibatkan 500 siswi SMKN 51 Jakarta Timur. Hari Kanker Payudara Sedunia ini diperingati sebagai bagian dari kampanye "Happiness is Me, Pink Ribbon Campaign" yang telah dimulai sejak 21 Maret 2014.

Bentuk kegiatan lain adalah melibatkan ibu-ibu PKK Tanjung Duren, Jakarta Barat, untuk belajar tentang pendeteksian dini kanker payudara dengan metode periksa diri sendiri (SADARI), juga melibatkan pengunjung dalam mengumpulkan 6.289 botol air mineral bekas yang disusun menjadi karya seni dan dipamerkan selama acara.

Sebelumnya, kegiatan serupa dengan kemasan berbeda juga dilakukan oleh Departemen Store Seibu. Dalam kontribusinya, Seibu melakukan kegiatan pengumpulan bra bekas dari pengunjungnya yang akan didonasikan untuk kaum marginal di Jakarta. Untuk menarik antusiasme, Seibu menawarkan voucher pembelian bra baru jika pengunjung mendonasikan bra bekas mereka. Hasilnya, sebanyak 300 bra berhasil dikumpulkan dalam waktu tiga minggu. Dalam menjalankan program ini, Seibu menggandeng Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang diketuai Veronica Basuki Tjahaja Purnama. YKI membantu mendonasikan bra tersebut kepada yang berhak.