Castrol Tingkatkan Kemampuan Mekanik

Hadapi Perkembangan Teknologi Otomotif

Sabtu, 08/11/2014

NERACA

Kemampuan yang dimiliki oleh mekanik dalam melakukan pelayanan jasa perawatan pada kendaraan terhadap akan sangat mempengaruhi kepercayaan terhadap pelanggan. Jika pada sebuah dealer mempunyai mekanik yang telah memiliki kecakapan yang memadai, maka costumer atau pelanggan akan semakin yakin terhadap pelayanan yang diberikan oleh mekanik pada dealer tersebut.

Ya, kepuasan konsumen terhadap layanan dan kemampuan mekanik menjadi prioritas utama. Seiring dengan gencarnya produk terbaru berbalutkan teknologi canggih yang dikeluarkan produsen otomotif, tentu saja, kehadiran tipe kendaraan bersama teknologi baru ini harus bisa diikuti dengan keahlian mekanik yang mumpuni.

Sayangnya, tidak semua mekanik memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang cakap. mayoritas mekanik yang ada saat ini tidak memperoleh edukasi formal, melainkan belajar dari pengalaman saja. Maka dari itu, untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan mekanik khususnya menghadapi perkembangan teknologi roda empat, Castrol meluncurkan program Castrol Mobile Mechanic Training yang akan berkeliling mengedukasi mekanik di beberapa kota besar di Indonesia

Tzuli Suhardi, perwakilan dari Castrol Indonesia mengatakan bahwa Castrol Mobile Mechanic Training ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Castrol terhadap para mekanik dalam menghadapi teknologi kendaraan yang semakin maju. Salah satu materi yang diberikan mengenai perkembangan otomotif terkini yang diperlukan oleh mekanik dalam mengantisipasi mobil-mobil baru yang datang ke bengkel.

"Kami melihat kemajuan teknologi pada kendaraan harus diimbangi dengan keahlian dan pengetahuan para mekanik. Kemajuan teknologi dengan banyak kelebihan ini bisa dinikmati bukan hanya oleh konsumen tetapi juga dipahami oleh para mekanik," ujar Tzuli Suhardi, belum lama ini.

Sebagai langkah awal, kendaraan hasil modifikasi Castrol ini mengunjungi 800 mekanik di 200 bengkel mobil yang ada di Bandung, Jawa Barat. Dengan kunjungan Castrol ini para mekanik yang ada di Bandung diharapkan bisa bersaing dengan mekanik dari bengkel resmi milik ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). Selanjutnya program Castrol Mobile Mechanic Training ini akan hadir juga di beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Yuda, mekanik asal bengkel Auto Batavia menuturkan, selain mengajari soal teknologi terbaru pada kendaraan, Castrol juga akan menjelaskan kepada ratusan mekanik mengenai kebutuhan dasar sebuah kendaraan seperti pemilihan oli yang tepat baik dari segi API dan viscositasnya.

“Kegiatan ini membuat mekanik dan bengkel kami lebih percaya diri dalam menghadapi persaingan dengan bengkel ATPM. Karena tidak semua mekanik di bengkel non ATPM mengetahui perkembangan teknologi," ujar dia