Tumbuhkan Kesadaran Pemuda Akan Pentingnya Pendidikan

iLead UI Gelar ISLC 2014

Sabtu, 08/11/2014

NERACA

Institute Leadership Development (iLead) Universitas Indonesia akan menggelar ajang Indonesia Student Leadership Camp (ISLC) 2014 di kampus Universitas Indonensia (UI), Depok, Jawa Barat, pada tanggal 8 November 2014 hingga 14 November 2014 mendatang.

Kegiatan ISLC merupakan wadah bagi 100 ketua OSIS SMA/sederajat terpilih se-Indonesia untuk menjalani pelatihan dan bimbingan terkait kepemimpinan. Pada ajang kali ini, iLead mengusung tema Pendidikan untuk Bangsaku yang bertujuan untuk memberi kesadaran tentang pentingnya pendidikan sebagai salah satu faktor membangun bangsa.

Pada ajang ISLC yang telah memasuki jilid ketiga pada tahun 2014 ini keseratus peserta dipertemukan langsung dengan tokoh-tokoh nasional dalam berbagai sesi talkshow, workshop, dan dialog inspiratif. Selain itu, para peserta juga diberi kesempatan untuk mengunjungi lembaga-lembaga vital negara dalam kegiatan institutional visit.

Salah satu peserta ISLC 2014 Cahlinda Nawangsih mengatakan, tema pendidikan yang diangkat oleh pihak panitia sangat relevan dan kontekstual dengan situasi bangsa Indonesia saat ini. Hal tersebut karena banyak sekali anak muda yang tidak memiliki kesadaran tentang pentingnya pendidikan bagi masa depan bangsa ini.

“Saya melihat dengan mata dan kepala saya sendiri bahwa sebagian besar kaum muda tidak sadar tentang pentingnya pendidikan. Mereka lebih senang menghabiskan hari-harinya dengan kegiatan-kegiatan hiburan daripada kegiatan edukatif. Bahkan, di tempat tinggal saya banyak sekali anak muda yang putus sekolah karena mereka bosan dengan sekolah,” kata Cahlinda.

Peserta ISLC 2014 yang berasal dari SMAN 97 Jakarta ini menambahkan dirinya akan memanfaatkan ajang ISLC ini untuk memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya. Dia juga mengatakan pengalaman-pengalaman empiris dari para peserta yang berasal dari daerah lain juga penting untuk dipelajari guna mengetahui kondisi pendidikan di Indonesia secara luas.

“Ilmu yang saya dapat dari ajang ini akan saya implementasikan dalam kehidupan nyata, terutama di daerah tempat tinggal saya. Semoga tidak ada lagi anak muda yang putus sekolah karena bosan belajar dan semoga bangsa ini menjadi lebih baik di masa mendatang,” jelas Cahlinda.

Sementara itu, pihak iLead Universitas Indonesia berharap program ini akan melahirkan pemimpin muda yang berkualitas, cerdas, berwawasan global, dan mampu berkontribusi nyata dalam sebuah gerakan bersama dan sinergis.