POS, Barometer Pasar Otomotif Jawah Timur - Capai Transaksi Rp 318,7 Miliar

 

 

 

 

Sampai di hari terakhir total transaksi pada ajang Pameran Otomotif Surabaya (POS) berhasil dihimpun penyelenggara sebesar Rp 318.671.638.000. Angka transaksi tahun ini melebihi tahun 2013 yang mencapai Rp 294.013.567.489,-. Untuk unit mobil yang terjual pun naik menjadi 1.247 unit dengan komposisi 1.184 unit passanger cars dan 63 unit heavy commercial vehicle.

 

NERACA

 

"Minat masyarakat bisa dibilang masih cukup tinggi untuk bertransaksi produk otomotif. Ragam line upyang istimewa juga jadi daya tarik. Tiap mobil dari masing-masing APM punya keunggulan terkini. Belum lagi didukung dari geliat produksi industri kecil menengah otomotif. Kedepan POS akan hadir dengan konsep dan kemasan yang lebih baik. Kami juga optimis industri otomotif masih terus berkembang," cetus Yusuf Karim Ungsi, Branch Manager Dyandra Promosindo Surabaya.

 

"Diadakannya Visitor’s Choice ini menjadi apresiasi kami bagi peserta industri otomotif. Para APM juga dapat menilai kebutuhan masyarakat. Mobil tipe favorit manakah yang menjadi idaman pengunjung," ujar Yusuf Karim Ungsi, Branch Manager Dyandra Promosindo Surabaya.

 

Tahun ini Favorit Passenger Car jatuh pada Honda HR-V untuk peringkat pertama, disusul berurutan untuk peringkat kedua dan ketiga yaitu Nissan All New X-Trail dan Renault Megane RS. Ada pula kategori Favorite Heavy Commercial Car jatuh kepada Isuzu Giga. Sedangkan untuk Favorit Booth berurutan dari yaitu Honda, Mitsubishi Motors, dan Mini.

 

Terakhir untuk Favorite Female Presenter jatuh pada Daihatsu, Honda, dan Hino. Untuk tahun sebelumnya Honda behasil mempertahankan gelar untuk Favorite Passenger Car dan Favorite Booth. Sedangkan Daihatsu juga berhasil mempertahankan Favorite Female Presenter.

 

Kehadiran Toyota

 

Selain untuk makin mendekatkan diri dengan masyarakat Jawa Timur, keikutsertaan Toyota pada pameran otomotif terbesar di Jawa Timur ini juga untuk menegaskan komitmennya selalu ikut berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif nasional dengan semangat keindonesiaan.

“Kehadiran kami di POS 2014 ini merupakan kelanjutan dari semangat Creating Tomorrow for Indonesia yang merupakan tema saat IIMS 2014 lalu. Selain sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan masyarakat Jatim selama ini terhadap produk-produk Toyota, melalui POS 2014 kami juga ingin sampaikan komitmen Toyota untuk selalu ikut berkontribusi wujudkan pembangunan Indonesia dalam bidang industri otomotif,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo saat kesempatan yang berbeda.

Tema IIMS 2014 Creating Tomorrow for Indonesia diharapkan dapat memberikan semangat komitmen keberadaan Toyota di seluruh wilayah Indonesia yang didukung oleh 271 outlet resmi. Dengan dukungan ini, kontribusi Toyota terhadap pembangunan ekonomi Indonesia dalam industri otomotif semakin terwujud tidak terkecuali di Jawa Timur.

Apalagi Jawa Timur merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki angka pertumbuhan ekonomi yang signifikan, sebesar 6,9% pada 2013 lalu, atau berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, industri otomotif sendiri diketahui menjadi salah salah satu sektor yang turut membawa angin segar bagi pertumbuhan perekonomian di Jatim.

“Jawa Timur memiliki pangsa pasar yang potensial bagi pelaku industri otomotif. Karena itu, kami selalu berupaya agar Toyota tetap menjadi pilihan utama di Jawa Timur dan dan perolehan market share yang saat ini sekitar 31% akan terus meningkat,” ucap Rahmat Samulo.

Pada POS 2014 yang juga merupakan salah satu barometer percepatan tumbuhnya industri otomotif di Jatim, Toyota hadir dengan booth seluas total 540 m2 di Main Hall G dan F menampilkan 10 kendaraan display. Selain Vios TRD yang baru saja diluncurkan saat ajang IIMS 2014 lalu, pengunjung juga bisa melihat tampilan Astra Toyota AGYA dengan hasil ubahan TAM Design yang diberi nama AGYA Furious bertema Street Racing.

Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya, pada POS 2014 ini Toyota juga menghadirkan RAV4, sebuah SUV modern yang memiliki desain revolusioner dengan berbagai fitur modern. Tak hanya itu, sebuah Avanza dengan desain unik pun dihadirkan dengan nama Avanza Recreational Vehicle. Avanza ini dapat digunakan untuk lakukan kegiatan piknik bersama keluarga dengan kelengkapan yang memadai seperti atap terpal pada pintu bagasi, serta berbagai peralatan menarik di bagasi.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…