BI-IDB Kerja Sama Pengembangan Keuangan Syariah

Selasa, 04/11/2014

NERACA

Jakarta - Bank Indonesia dan Islamic Development Bank menandatangani nota kesepahaman untuk berkolaborasi dan bekerjasama dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengatakan, selama ini, MoU antara Bank Indonesia dan IDB dilakukan secara parsial, salah satunya adalah MoU yang dilakukan antara Bank Indonesia dengan IRTI-IDB dalam rangka pelaksanaan seminar internasional mengenai Inclusive Islamic Financial Sector.

"Dengan kerja sama BI dan IDB ini, diharapkan menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat seperti research paper dan academic paper terkait kerangka pengaturan zakat," ujar Tirta dalam pernyataan resmi di laman BI, Jakarta, Senin (3/11).

Selain itu, lanjut Tirta, kerjasama itu juga diharapkan bermanfaat dalam penyusunan core principles bagi manajemen zakat dan pengorganisasian expert exchange programs (program pertukaran ahli).

Bank Indonesia sendiri memandang zakat memiliki peran yang sangat penting bagi financial safety net manakala negara mengalami tekanan krisis perekonomian.

"Zakat memiliki peran dalam menciptakan permintaan atas barang dana jasa sehingga dapat mendorong produksi nasional yang pada akhirnya akan memengaruhi stabilitas harga," kata Tirta.

Tirta menambahkan, zakat juga berperan dalam penciptaan saving dan investasi masyarakat sehingga mendorong intermediasi, akses keuangan yang lebih luas sehingga dapat tercipta sistem keuangan yang lebih stabil. [ardi]