Dishub Jabar Kebanjiran SMS

NERACA

Bandung -Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat kebanjiran layanan pesan singkat atau SMS saat mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1432 H. Sedikitnya mencapai 200 SMS yang masuk ke nomor 085353000444, nomor khusus yang disediakan Dishub Jabar bagi layanan pengaduan masyarakat terkait dengan mudik dan balik lebaran tersebut.

“Kami memang belum merekap semua data layanan dan pengaduan yang masuk ke nomor pengaduan tersebut. Namun, SMS itu umumnya berupa pengaduan, aspirasi, masukan dan pertanyaan terkait dengan mudik dan balik lebaran Idul fitri 1432 H,” kata pejabat Humas Dishub Jabar, Supriatna Turhy, akhir pecan kemarin.

Supriatna mengatakan, nomor khusus untuk layanan SMS yang diberikan ini sebagai salah satu bentuk pelayanan Dishub Jabar kepada masyarakat untuk memberi informasi saat musim arus mudik dan balik. Layanan tersebut ditangani langsung oleh Posko Angkutan Lebaran Dinas Perhubungan Jawa Barat, yang berlokasi di Jalan Sukabumi, Kota Bandung.

Selain melalui SMS, masyarakat juga ada yang menyampaikan pengaduan, pertanyaan, aspirasi atau masukannya melalui twitter dan telepon langsung. Petugas di Posko tersebut siaga 24 jam. Setiap harinya ada sekitar 10 orang yang bertugas.

Melalui layanan tersebut, masyarakat juga bisa melaporkan ke Dishub Jabar jika ada petugas yang “nakal” atau ada hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di lapangan, misalnya masalah tarif kendaraan umum.

Apabila pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan jasa angkutan umum itu memang terbukti, kata Turhy, maka sanksi terberatnya adalah dibekukan perizinannya.

Related posts