Tata Motor Lahirkan Mekanik Terlatih

 

 

NERACA

 

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), fully subsidiary of Tata Motors Ltd, perusahaan global otomotif terbesar di India yang merupakan Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia, hingga saat ini sudah men-training sekitar 150 mekanik untuk ditempatkan di jaringan dilernya.

 

Tidak kurang dari 150 siswa telah lulus dari Tata Motors Learning  Centre (TMLC) di BBPLKLN (Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri) Cevest (Centre For Vocational & Extension Service Training). 150 siswa tersebut kini telah mendukung operasional pelayanan purna jual Tata Motors di ke-delapan dealer 3S TMDI di Indonesia dan di ke-39 2S (Service & Spare parts) TMDI, yakni Tata Certified Workshop.

 

Di BBPLKLN Cevest, TMDI telah resmi memiliki ruangan kelas khusus dan area praktek sendiri. Hal ini terwujud berkat kerjasama TMDI dan BBPLKLN Cevest. TMDI menyediakan seluruh varian produknya sebagai fasilitas praktek termasuk mesin diesel, dan fasilitas teknik memadai lainnya guna mendukung siswa TMLC.

 

“Mereka adalah ujung tombak perusahaan yang memegang peranan penting dalam memberikan layanan purna jual. Jika layanan purna jual baik, kami yakin loyalitas konsumen pun akan terbangun. Modul pelatihannya pun selalu kami perbaharui sesuai perkembangan dari standar pelatihan Tata Motors global, guna meningkatkan keterampilan dan daya saing para mekanik,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI).

Materi yang disampaikan pada training dilakukan secara bertahap modul demi modul. Saat ini sudah ada 6 modul pelatihan; Product Familiarization, Technical 1, Basic Electrical, Technical 2, Engine Management System dan Advance Electrical. Masa pelatihan untuk satu modul itu memakan waktu 4  sampai dengan 5 hari kerja.

Guna menambah keterampilan dan pengetahuan para mekanik, setelah penyampaian secara teori mereka akan melakukan praktek servis langsung pada unit. Adapun unit praktek yang terdapat pada Cevest terbagi atas 4 bagian; Small Commercial, Light Commercial, Heavy Commercial dan Passenger.  

 

 

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…