PNM Gelar "Financial Spiritual Quotient"

Malang, Jawa Timur

Senin, 03/11/2014

NERACA

Malang – Setelah sukses menggelar pelatihan beberapa waktu lalu dengan tema Pengelolaan Keuangan Secara Cerdas Bagi Pelaku Usaha Mikro (UMK). Untuk Meraih Kesuksesan "FINANSIAL SPIRITUAL QUOTIENT-FSQ", PT Permodalan Nasional Madani (Persero) melalui cabang Malang kembali mengadakan dengan tema serupa bagi debitur atau nasabah PNM klaster Malang.

Pemimpin PNM Cabang Malang Muhammad Haikal, mengatakan bahwa kontribusi nasabah binaan PNM di Kabupaten Malang telah mengalami peningkatan yang baik yang diiringi dengan peningkatan ekonomi di wilayah tersebut. Ditambah sector peternakan dan pertanian turut berkembang di wilayah Malang.

“Hal ini mengindikasikan besarnya potensi UMKM di wilayah sekitar Malang. Dengan bertambahnya debitur PNM Cabang Malang optimistis kinerja di 2014 akan terus meningkat dengan tetap memperhatikan kualitas pembiayaan yang diberikan,” kata dia di Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/11), pekan lalu.

Menurut Haikal, melalui acara hari ini diharapkan juga dapat meningkatkan akses pasar dan jaringan bisnis antar nasabah ULaMM di wilayah ini. Dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan dan efek berganda bagi UMKM dan ULaMM, serta masyarakat sekitar dan pelaku usaha sekitar. Apalagi cakupan dari Klaster Malang ini meliputi Kota Malang dan wilayah kabupaten dan sekitarnya.

Sementara itu, Executive Vice President I PNM, Arief Mulyadi menjelaskan, sebagai lembaga profesional di bidang pemberdayaan UMK, PNM selalu berupaya untuk membantu para pelaku UMK sesuai kebutuhan mereka. Karena itu dalam melakukan suatu pelatihan, selalu dipilih tema-tema tertentu berdasarkan kondisi di setiap daerah. Dengan demikian diharapkan kegiatan tersebut benar-benar memberikan manfaat yang optimal bagi para pelaku UMK yang menjadi pesera pelatihan tersebut.

“Kita ketahui Malang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah khususnya dari sector pertanian dan perdagangan. Ini terlihat dari banyaknya debitur kami yang menjadi peserta kali ini berasal dari sektor usaha tersebut. Selain pula dari sector usaha perdagangan yang mengalami perkembangan yang menjanjikan,” kata dia .
Dia menambahkan dengan terbentuknya kabinet kerja yang baru dengan semangat kerja yang baru pula PNM ingin membawa semangat kerja tersebut dan membagikannya kepada nasabah-nasabah di seluruh Indonesia. Berdasarkan data oleh klaster Malang adalah hingga akhir September 2014 telah mencatatkan pembiayaan outstanding sebesar Rp31,9 miliar atau meningkat 1,38% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp23,1 miliar. Sementara untuk total nasabah mengalami peningkatan dari 460 nasabah pada bulan September tahun 2013 menjadi 643 hingga akhir September 2014. [mohar]