Crafina, Craft as Lifestyle

Crafina salah satu pameran kerajinan terbesar di Indonesia iniakan kembali digelar pada 26 - 30 November 2014 di Hall A dan hall B, serta Lobby, Balai Sidang Jakarta Convention Center. Event ini memamerkan, mengenalkan dan memasarkan kerajinan Indonesia sekaligus menjawab dinamika dan gaya hidup yang berkembang di tengah masyarakat.

Tahun ini Crafina mengusung tema “Craft as lifestyle” dimana diharapkan dapat memberikan warna dan nuansa yang berbeda untuk pengunjung. Acara ini pula menjadi pameran penutup kerajinan di tahun 2014 bagi para UKM. Crafinaadalah pameran kerajinan yang berunsurkan tanah, kayu, batu dan logam, didesain sesuai trend masa kini danlifestylesehingga menghasilkan produk-produk unggulan yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia dan juga mancanegara.

Crafina dari tahun ke tahun terus dibina sebagai wadah promosi bagi para pelaku industri kerajinan Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan hasil-hasil kerajinannya dengan mengedepankan keaslian produk, keunikan budaya dan keindahannya. Secara khusus CRAFINA 2014 bertujuan agar UKM yang masih baru dapat belajar berpameran serta dapat memperluas area pemasaran produknya.

Crafina 2014diharapkan mampu mengakomodir para calon peserta yang belum mendapat kesempatan ikut Inacraft maupun peserta dari Pameran Inacraft yang menginginkan adanya pameran sejenis Inacraft. Acara ini juga tentunya demi menampilkan karya-karya mereka. Kenaikan pengunjung dan daya beli masyarakat di Crafina tahun lalu menunjukan besarnya minat akan produk kerajinan dalam negeri.

Target pembeli produk di pameran Crafina 2104 adalah usia muda, keluarga muda walaupun sebagian peserta Crafina juga merupakan peserta Inacraf. Produknya berupa produk gaya hidup yang tetap mempertahankan cici khas budaya lokal dipadukan dengan nuansa kontemporer. Dalam Crafina juga dihadirkantalk showoleh perancang mode Carmanita yang memberikan edukasi untuk pengembangan produk. Ada pula peragaan busana yang menampilkan karya perancang mode berbakat.

Pameran produk kerajinan Crafina dan Inacraft sama-sama diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan Mediatama Binakreasi. Crafina merupakan pengembangan dari Inacraft, karena banyak peminat Inacraft yang tidak tertampung. Ajang ini juga sebagai wahana interaksi dan pertukaran informasi bagi perajin, pengusaha, produsen craft Indonesia untuk membangun jaringan yang lebih luas.

Produk kerajinan Indonesia selama ini sangat beragam dan diminati pasar. Secara ekonomis produknya juga tidak kalah dibandingkan negara lain sehingga terbuka kesempatan untuk memasuki perdagangan internasional. Event Crafina adalah media untuk mewujudkan UKM yang tangguh dan mandiri serta mampu menghasilkan produk-produk berkualitas sehingga bisa menjadi komoditi perdagangan baik di tingkat nasional maupun internasional dalam rangka tahun ekonomi kreatif yang dicanangkan Pemerintah.

BERITA TERKAIT

Jakarta Garden City Luncurkan Lifestyle Center “New East”

Jakarta Garden City Luncurkan Lifestyle Center “New East” NERACA Jakarta - Perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City seluas 370…

Jakarta Garden City Luncurkan Lifestyle Center “New East”

Jakarta Garden City Luncurkan Lifestyle Center “New East” NERACA Jakarta - Perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City seluas 370…

Jakarta Garden City Luncurkan Lifestyle Center “New East”

Jakarta Garden City Luncurkan Lifestyle Center “New East” NERACA Jakarta - Perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City seluas 370…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Bangunan Peninggalan Belanda Jadi Alternatif Wisata Bromo

Bangunan tua peninggalan masa kolonial Belanda yang berada di lereng Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur bisa menjadi alternatif wisata…

Ini yang Perlu Anda tahu Sebelum Beli Tiket Murah

Berburu tiket murah sebelum bepergian memang menarik demi menghemat biaya perjalanan, tapi bagaimana agar semua bejalan lancar dan menyenangkan. Perusahaan…

Wisata Padang Ternak di NTT

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang menyiapkan sejumlah lokasi peternakan di daerah itu untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata ternak."NTT miliki…