Pembangunan Tol Laut Jadi Prioritas

NERACA

Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil memprioritaskan percepatan pembangunan tol laut. "Salah satunya tol laut. Percepatan pembangunan pelabuhan besar seperti Medan, Makasar dan Papua," katanya di Jakarta, Selasa (28/10).

Percepatan pembangunan pelabuhan itu, lebih ditekankan pada Kementerian BUMN. "BUMN dan lembaga seperti Pelindo bisa melakukan percepatan itu. Keterlibatan swasta penting juga," ujarnya.

Mengenai berapa besaran anggaran untuk percepatan pembangunan tersebut, Sofyan belum bisa memastikan. Semua masih dalam penghitungan."Yang pasti akan dimasukkanAPBN-P pada Januari mendatang," ucapnya.

Pada kesempatan berbeda, Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto menilai gagasan tol laut yang akan diterapkan pada era pemerintahan baru ke depan lebih kepada upaya mengurangi beban angkutan di jalan dengan memaksimalkan angkutan laut

Program-program ini dilaksanakan melalui implementasi sort sea shipping (SSS), keperintisan dan sebagainya. “Gagasan ini esensinya dapat dipahami sebagai ikhtiar untuk memindahkan beban transportasi darat ke laut,” katanya.

Mengenai disparitas harga, katanya, masalah tersebut diselesaikan dengan membangun industri di kawasan Timur Indonesia guna mengatasi kesenjangan muatan antara kapal yang ada di timur dengan yang ada di barat Indonesia.

Selain itu, katanya, kesenjangan harga juga bisa diatasi dengan membangun kapal-kapal perintis atau kapal-kapal roro yang menghubungkan pelabuhan luar hingga ke daerah pedalaman dengan memanfaatkan aliran sungai dan pantai

Sementara itu, implementasi konsep Tol Laut di Indonesia harus dilakukan secara bijak dengan melibatkan pelayaran nasional yang selama ini telah berkontribusi membangun dan menjalankan sistem transportasi laut Indonesia.

Demikian disampaikan Chairman Supply Chain (SC) Stiadji menanggapi rencana implementasi Tol Laut. “Pelayaran nasional dan pelayaran rakyat harus dilibatkan sesuai dengan perannya masing-masing, baik dalam Jalur Tol Laut maupun Jalur SSS,” ujarnya.

Dia menjelaskan implementasi Konsep Tol Laut di Indonesia akan menghadapi sejumlah kendala, terutama ketidakseimbangan muatan antarpelabuhan. “Arus muatan dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) ke barat sangat kurang dibandingkan dengan arus muatan kebalikannya, sehingga dikuatirkan kapal dalam tol laut akan kekurangan muatan dalam pelayaran dari arah timur,” tuturnya. [agus]

BERITA TERKAIT

Elektronisasi Ancam Pekerja Tol dan Perbankan

Oleh: Adi Lazuardi Parman, sebut saja begitu namanya, tampak asyik menawarkan kartu elektronik dari sebuah bank plat merah di depan…

Optimalisasi LKM/LKMS dalam Pembangunan Daerah

Oleh : Agus Yuliawan Pemerhati Ekonomi Syariah Semenjak diundangkannya Undang – Undang No 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro …

Tol Pandaan – Malang Ditargetkan Berfungsi Lebaran 2018

  NERACA Jakarta - PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Pandaan Malang menargetkan proyek Jalan Tol Pandaan-Malang (37,62…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Pengaruh Pilkada 2018 ke Ekonomi

  NERACA   Jakarta - Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menyoroti pengaruh pemilu kepala daerah…

Negara Berkembang Paling Pesat Pertumbuhan Belanja Online

    NERACA   Jakarta - Survei terbaru Mastercard menyebutkan, pertumbuhan aktivitas belanja melalui gawai (smartphone) atau "mobile shopping" berkembang…

Blended Finance Dikaji untuk Biayai Infrastruktur

  NEACA   Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah tengah mengkaji skema "blended finance" agar…