Gading Development Kembangkan Apartemen The Spring Residences di Ciputat

Rabu, 29/10/2014

NERACA

Jakarta – PT Gading Development Tbk. akan mengembangkan apartemen The Spring Residences di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, tepatnya di Jl Otista Raya, Ciputat, Tangerang Selatan. Untuk mengembangkan The Spring Residences yang mengusung konsep hunian vertikal hijau yang mengutamakan keselarasan lingkungan ini, PT Gading Development Tbk menyiapkan investasi sebesar Rp900 miliar. Investasi tersebut dipergunakan untuk pembebasan lahan, pembangunan 4 tower apartemen dan gedung parkir.

Direktur Utama PT Gading Development Tbk. Cahyo Satrio mengatakan PT Gading Development Tbk. menawarkan gaya hidup baru pada hunian vertikal di kawasan yang sedang tumbuh dengan prospek bernilai investasi tinggi. Di atas lahan seluas 2,3 hektar ini, rencananya akan dibangun empat tower apartemen dengan variasi ketinggian antara 18 sampai 20 lantai serta merangkum 2.500 unit apartemen berbagai tipe.

“Untuk tahap pertama akan dipasarkan tipe studio berukuran 22 m2 dengan harga mulai Rp8 juta per m2 dengan pembayaran tunai keras (hanya tersedia 100 unit saja). Unit ini bisa dibilang eksklusif karena jumlah unit dan waktu penjualan yang terbatas,” papar Budiawan Lebar, Direktur PT Gading Development Tbk. seraya mengatakan harga yang ditawarkan cukup terjangkau karena harga pasaran di kawasan tersebut saat ini sudah mencapai Rp12,5 juta per m2.

The Spring Residences akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang akan memberi kenyamanan, kemudahan dan keamanan bagi penghuni. Semua fasilitas yang dibangun disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern yang menginginkan kemudahan dan kepraktisan.

Fasilitas tersebut antara lain berupa jogging track yang mengelilingi area apartemen, klinik, fasilitas pendidikan (taman kanak-kanak dan sekolah dasar), fasilitas ibadah, sport centre, kolam renang, hypermarket, yang secara keseluruhan keberadaannya mudah dijangkau seluruh penghuni karena berada di tengah-tengah empat tower apartemen tersebut.

“Agar konsisten dengan konsep hijau, pengembang juga menerapkan KDB di bawah 30 persen dari persyaratan yang diberlakukan sebesar 40 persen. Demikian juga KLB 4 atau lebih rendah dari peraturan yang berlaku,” ujar Cahyo.

Dan belajar dari sulitnya para penghuni apartemen untuk mengakses tempat parkir, kata Cahyo, The Spring Residences akan dilengkapi juga dengan delapan lantai gedung parkir yang dapat menampung sekitar 2.500 unit kendaraan roda empat dan roda dua (motor). Kapasitas ini diprediksi akan sesuai dengan jumlah pemilik apartemen karena rasionya 1 banding 1.

Untuk menghasilkan produk apartemen terbaik, PT Gading Development Tbk. menggunakan jasa konsultan ternama. “Kami menggandeng sekaligus dua konsultan arsitektur ternama untuk merancang konsep dan memberikan sentuhan berbeda pada proyek ini. Kami memilih PT Desain Sarana Intermatra dan PT Megatika International,” tutur Budiawan. Konsultan perencana berpengalaman juga digunakan sebagai pendukung dari sisi struktur, infrastruktur, mekanikal elektrikal, plumbing dan lainnya.

Prospektif Dan Menjanjikan

Kawasan Ciputat merupakan kawasan yang sedang berkembang pesat di Tangerang Selatan. Ciputat terus didorong sebagai pusat pertumbuhan jasa, perdagangan dan pendidikan berskala nasional dengan adanya UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Terbuka dan beberapa lembaga pendidikan tinggi swasta lainnya. Selain itu, daerah yang langsung berbatasan dengan wilayah selatan Jakarta ini juga semakin memikat sebagai lokasi berinvestasi seperti hotel, pusat perbelanjaan, termasuk permukiman vertikal.

Dibanding dengan sejumlah daerah lain yang sudah mencapai titik jenuh, prospek investasi di kawasan Ciputat masih tinggi. Terbukti, lahan yang semula dibebaskan ini, telah ditawar dengan harga 50% lebih tinggi dari pada harga saat pembebasannya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kedepan, nilai tersebut diproyeksikan akan terus bertumbuh, mengingat kawasan Ciputat yang sedang terus berkembang. Menurut sebuah survey, dalam dua tahun terakhir harga tanah dan bangunan di kawasan ini bisa naik antara 50 persen hingga 100 persen.

Tak pelak kawasan Ciputat saat ini menjadi kawasan “Sunrise Property” karena menjanjikan keuntungan investasi properti yang tinggi. Kawasan Ciputat menjadi alternatif kawasan hunian maupun lokasi usaha bagi masyarakat karena harganya yang masih terjangkau. Tak heran jika gairah bisnis properti di kawasan Ciputat semakin meningkat belakangan ini.

Cahyo mengatakan, kunci berkembangnya kawasan Ciputat adalah infrastruktur yang baik. Apalagi saat ini Pemerintah DKI Jakarta sedang membangun fasilitas transportasi massal di kawasan Lebak Bulus (Mass Rapid Transportation-MRT). Fasilitas ini akan menghubungkan setiap kawasan yang ada di Jakarta dengan The Spring Residences yang jaraknya hanya beberapa kilometer saja. Apalagi, dalam waktu dekat, persis di belakang lokasi proyek apartemen akan dibangun pula proyek jalan tol JORR II yang akan menjadi konektivitas kawasan Ciputat dengan seluruh kawasan di Jabodetabek lainnya.

”Semua infrastruktur akan menjadi nilai tambah bagi penghuni maupun mereka yang akan berinvestasi di The Spring Residences. Jadi, silahkan analisa, adakah alternatif hunian vertikal lain di Ciputat yang menjanjikan keuntungan sepadan dengan The Spring Residences?” ujar Cahyo.