Menko Maritim Kordinasikan 4 Kementerian

Selasa, 28/10/2014

NERACA

Jakarta - Menteri Koordinator Maritim Indroyono Soesilo mengkoordinasikan program-program di empat kementerian yaitu Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perhubungan."Empat kementerian itu akan diarahkan banyak ke program maritim. Misalkan pariwisata baharinya digenjot. Lalu sumber daya di laut kita juga punya potensi," katanya, di Kompleks Istana Kepresidenan, di Jakarta, Senin, (27/10).

Kementerian Koordinasi Maritim merupakan bentukan baru dalam Kabinet Kerja era Pemerintahan Presiden Jokowi guna mempercepat pembangunan sektor maritim.Untuk itu, Indroyono mengatakan, sedang menyiapkan organisasi sekaligus penyusunan anggaran di 2014 ini. Hal ini mengingat dalam APBN 2014 belum dimasukan.

"Jadi kami akan berkoordinasi dengan Mensesneg soal kantor, koordinasi dengan kementerian keuangan terkait dengan anggaran operasional sampai Desember ini karena belum masuk APBN kan, dari Kementerian Keuangan dan Kementerian PAN RB untuk menyusun organisasi," kata dia.

Indroyono menambahkan, karena kementerian bersifat koordinatif bukan operasional, maka pembentukan organisasi juga akan cepat dilaksanakan sedangkan anggaran yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Untuk sementara (2014), menurut dia akan menggunakan anggaran dana cadangan kementerian keuangan.

"Menteri Keuangan akan memberikan sumber daya cukup untuk mulai beroperasi karena Kementerian Koordinator bidang Maritim harus mulai beroperasi," kata Indroyono.Sementara itu, pihaknya saat ini berkantor di Gedung BPPT lantai 3. [agus]