Peluncuran Perdana Program 'Orange Bike' di Indonesia

Bank ING - PSF

Sabtu, 01/11/2014

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari keluarga pra-sejahtera di Batang Kapas, Sumatera Barat menjadi penerima 984 ‘Orange Bikes’

NERACA

Indonesia terpilihsebagainegara penerima Program ING Orange Bike – program regional dari institusi perbankan Belanda, Bank ING. Program ini akan membantu 5.000 anak dari keluarga pra-sejahtera pada negara terpilih di Asia untuk dapat pergi ke sekolah dengan bersepeda. Anak-anak ini biasanya menempuh jarak yang jauhdan medan yang berat dengan berjalan kaki karena keterbatasan sarana transportasi umum untuk pergi ke sekolah.

Lebih dari 40 karyawan ING dari Singapura, Hongkong, dan Filipina terbang ke Indonesia untuk dapat memberikan langsung sepeda-sepeda tersebut, serta membantu pekerjaan renovasi di sekolah bersama karyawan lainnya dari ING Indonesia.

Program ING Orange Bike pertama kali diluncurkan pada Oktober 2013 di Filipina. Kini, lebih dari 1.100 sepeda telah diberikan di Filipina.Di Indonesia sendiri, Bank ING bekerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) untuk memberikan 984 sepeda kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari empat sekolah di Batang Kapas, Sumatera Barat,dimanadulunyamereka harus menempuh jarakhinggalima kilometer untuk pergi ke sekolah.

“ING percaya bahwa akses pendidikan yang baik akan mengubah hidup serta memberikan peluang yang sama bagi setiap individu. Dengan adanya ING Orange Bike, anak-anak dapat sampai di sekolah lebih cepat dan amansehingga tingkat kehadiran siswa di sekolah menjadi lebih baik. Dengan demikian, diharapkanmereka dapat meningkatkan nilai akademis mereka dan nantinya dapat mengubah masa depan mereka menjadi lebih baik,” UjarMark Newman,CEO ofINGCommercial Banking Asia.

Program ING Orange Bike juga berkontribusi untuk meningkatkan penghasilan keluarga mereka dengan memanfaatkan sepeda tersebut di luar jam sekolah.

Ari Kunwidodo,Director of FundraisingPutera Sampoerna Foundation menuturkan, Putera Sampoerna Foundation menyambut baik kemitraan yang terjalin bersama dengan Bank ING. PSF dan ING memiliki komitmen yang sama dalam menciptakan perubahan yang berkelanjutan di Indonesia, terutama pada bidang pendidikan.

“Kami juga berterimakasih kepada Bank ING, karena telah menghadirkan program ini di Indonesia,” ujar dia

Selain mengidentifikasi manfaat program ini bersama Bank ING, PSF juga membentuk Komite Pengawas Sepeda untuk mengawasi serta mengamati implementasi dari perkembangan program ini. Komite tersebut terdiri dari para kepala sekolah dan perwakilan orang tua, guru, serta pemerintah setempat.

Selain PSF, Bank ING juga bekerja sama dengan World Bicycle Relief (WBR) – organisasi non-profit yang memiliki pengalamandalam menjalankanproyek serupa di Afrika.

“World Bicycle Relief dan Bank ING telah menjadi mitra sejak diluncurkannya proyek ini pada tahun 2013. Kami menyediakan sepeda-sepeda yang dirancang khusus untuk medan yang sulit, memberi saran untuk rancangan program ini, serta melatih para mekanik untuk pemeliharaan dan perbaikan sepeda,” kataAndrew Hall,Global Product Managerof World Bicycle Relief.

Karyawan Bank ING di Asia juga memegang peranan penting dalam proyek ini. Para karyawan mengumpulkan uang pribadi mereka serta mengadakan ajang pengumpulan dana sepertiCharity Lunchdi Singapura danCross-country Bicycle Tourdi Thailand.

“Pemberian sepeda ini sekaligus merupakan momentum diluncurkannya secara resmi Program Orange Bike di Indonesia. Dengan bantuan dari mitra-mitra kami serta dukungan dari karyawan ING, kami berharap proyek ini akan terus berlanjut dan menciptakan pengaruh positif untuk anak-anak, keluarga mereka, dan di dalam lingkungan masyarakat,” ungkapNewman.