Tumpukan Sampah Hiasi Liburan Lebaran

Liburan Lebaran yang mencapai kurang lebih sepekan disayangkan dihiasi oleh tumpukan sampah di beberapa lokasi. Dari hasil pemantauan, Sabtu (3/9) lalu, tumpukan sampah kendati sudah berada di lokasi tempat penampungan sampah nampak menggunung di Jalan Tamansari yang tidak jauh dengan tempat wisata Kebon Binatang Bandung.

Pemandangan serupa juga nampak terjadi di ruas jalan Soreang-Ciwidey. Di lokasi tersebut, sampah menumpuk dan tercium bau tidak sedap. Sampah di lokasi tersebut menumpuk di ruas jalan tepat depan Kantor Pendopo Kecamatan Soreang serta tak jauh dari Masjid Agung Soreang dan Alun-alun Soreang.

Terkait dengan penumpukan sampah yang keberadaannya berdekatan dengan lokasi pelayanan publik, Anggota Komisi A DPRD Jabar, Deden Darmansyah dalam pesan singkatnya mengungkapkan, menghadapi liburan panjang seperti Lebaran pemerintah daerah perlu memikirkan strategi kedepan dalam rangka penanganan kebersihan lingkungan, jangan sampai dengan libur panjang aktivitas penanganan kebersihan seperti penanganan sampah terhenti.

Pemerintah daerah, kata Deden, seyogyanya kepada OPD yang tupoksinya menjaga kebersihan untuk OPD tersebut tidak diliburkan dan kepada aparat di OPD tersebut diberikan insentif yang cukup.

Related posts