Astra Buana Raih 2 Penghargaan

Insurance Consumer Choice Award 2014

Jumat, 24/10/2014

NERACA

Jakarta - PT Asuransi Astra Buana berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam acara "Insurance Consumer Choice Award 2014" yang dilangsungkan Rabu (22/10) kemarin. Kedua penghargaan tersebut adalah Consumer Satisfaction Award (Most Empathetic General Insurance Company) dan Cusomer Choice Award (The Best Auto Insurance Company).

Mustika Wulandari selaku Vice President Service Management Asuransi Astra Buana, mengatakan penghargaan tersebut adalah indikator dari pengakuan masyarakat terhadap kualitas Asuransi Astra selama ini. “Semoga penghargaan ini dapat mengingatkan kami untuk terus bekerja lebih baik meningkatkan kualitas layanan dan inovasi bagi pelanggan. Sehingga Asuransi Astra tetap menjadi pilihan masyarakat,” tuturnya di Jakarta.

Insurance Consumer Choice Award merupakan sebuah apresiasi kepada perusahaan asuransi yang berkinerja baik serta memberikan insipirasi kepada perusahaan-perusahaan asuransi. Dalam penghargaan ini, terdapat dua kelompok perusahaan asuransi yang dinilai melalui pendekatan jumlah asset yang dimiliki, yaitu perusahaan asuransi jiwa (premi netto > Rp1 triliun, premi netto Rp250 miliar – Rp1 triliun, premi netto < Rp250 miliar) dan perusahaan asuransi umum (premi netto > Rp500 miliar, premi netto Rp100 miliar – Rp500 miliar, premi netto < Rp100 miliar).

Penilaian dilakukan melalui pendekatan laporan keuangan dan hasil survei kuantitatif. Warta Ekonomi tidak memasukkan perusahaan asuransi yang tidak mengeluarkan laporan keuangan, serta perusahaan asuransi yang sedang dalam pembekuan kegiatan usaha dan perusahaan asuransi yang dicabut izin usahanyad dengan tetap mempertimbangkan premi laba (rugi) yang diperoleh perusahaan serta melalui tolok ukur dari early warning system (EWS).

Selain berdasarkan pendekatan laporan keuangan 2013, penilaian dalam penghargaan ini juga dilakukan melalui survei kuantitatif kepada 600 pembaca /masyarakat pemegang polis asuransi jiwa dan kerugian. Adapun kriteria penilaian untuk customer satisfaction adalah reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). [ardi]