Garda Oto Raih MBEA 2014

Makassar, Sulawesi Selatan

Selasa, 21/10/2014

NERACA

Makassar - Garda Oto dari PT Asuransi Astra Buana dinobatkan menjadi yang terbaik di kawasan Timur Indonesia dalam Makassar Business Excellence Award 2014 yang digelar di Hotel Grand Clarion, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (17/10) pekan lalu. Dalam acara tersebut, Garda Oto berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus, yaitu Product Quality Award (PQA) dan After Sales Service Award (ASSA).

Laurentius Iwan Pranoto, Communication and Event Manager Asuransi Astra, mengatakan penghargaan kali ini terasa istimewa karena Garda Oto menjadi asuransi mobil terbaik di kawasan Timur Indonesia. “Saya harus berterima kasih kepada masyarakat, khususnya pelanggan Garda Oto. Dengan penghargaan ini berarti Garda Oto diterima dengan baik di sini (Timur Indonesia),” ujarnya.

Makassar Business Excellence Award sendiri diselenggarakan oleh majalah Marketing bekerjasama dengan lembaga survei Tera Foundation dan merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan setempat karena dinilai berhasil membangun produk/layanan berkualitas, inovatif serta memberikan layanan purna jual yang prima dalam menjalankan bisnis.

Product Quality Award (PQA) diberikan kepada perusahaan dengan reputasi terbaik dalam hal kualitas produk/layanan berdasarkan persepsi pelanggan. PQA dihasilkan melalui survei independen dan langsung kepada konsumen dengan metode multistages area reandom sampling terhadap 1.250 responden di Makassar.

Parameter yang diukur yaitu pengalaman konsumen terhadap produk/layanan, aspek emosional, dan brand advocacy. Pengukuran ketiga parameter menghasilkan Product Quality Index (PQI). Dari pengukuran tersebut, Garda Oto menempati posisi pertama dengan nilai index mencapai 4.024.

Adapun, untuk After Sales Service Award (ASSA), Garda Oto mendapat nilai index sebesar 4.231, sehingga menjadi pemuncak posisi. Nilai index ASSA yang disebut After Sales Service Index (ASSI) ini dihasilkan melalui survei langsung kepada 700 responden di kota Makassar dengan metode purposive sampling. Parameter yang diukur meliputi dua dimensi, yaitu speed dan action/feedback. [ardi]