Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

NERACA

Betapa pentingnya dana pensiun bagi masyarakat, khususnya pegawai pemerintah atau swasta dalam menghadapi masa tua. Kondisi ini membuat Pemerintah Indonesia betul-betul mengaturnya secara cermat.

Dana pensiun yang dihimpun pemerintah pun mengalami peningkatan. Selanjutnya, pengelolaan Dana Pensiun diatur dalam UU No. 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Menurut UU tersebut Dana Pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.

Lain halnya menurut Abdulkadir Muhammad dan Rita Muniarti yang menyatakan bahwaDana pensiun adalah secara khusus dihimpun dengan tujuan untuk memberikan manfaat kepada peserta ketika mencapai usia pensiun, mengalami cacat, atau meninggal dunia.

Program Dana Pensiun

Tidak disangkal lagi, setiap orang akan mengalami masa pensiun, di mana produksi kerja kita akan mengalami penurunan. Dan, yang paling penting adalah kondisi tubuh akan mengalami berkurangnya fungsi kesehatan.

Oleh sebab itu, mempersiapkan segala keperluan kita untuk menghadapi masa pensiun sangatlah penting. Dengan kata lain, sejak dini atau sejak muda adalah langkah terbaik untuk mempersiapkan menghadapi masa pensiun.

Banyak orang bilang, masa muda adalah masa kebebasan alias tanpa beban. Namu, jika kita tidak mempedulikan persiapan untuk masa pensiun sejak dini, justru akan merugikan diri kita sendiri. Mengapa? Karena persiapan menghadapi masa tua bermula dari persiapan masa muda.

Banyak hal yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan sejak muda menghadapi masa pensiun. Kita harus mempersiapkan sejumlah dana atau proteksi lainnya, agar di masa pensiun tidak merepotkan orang lain karena kita tidak produktif lagi untuk bekerja.

Apalagi hal yang paling mengejutkan adalah resiko kesehatan atau datangnya penyakit mulai menghampiri kita. Keluar masuk rumah sakit untuk pemeliharaan kesehatan adalah sebuah keniscayaan.Berbagai tindakan antisipasi bisa dilakukan pada sejak masa muda.

Di usia muda, seseorang juga dapat mulai memilih instrumen investasi dengan risiko yang relatif lebih tinggi seperti portofolio investasi berisi saham, obligasi, dan Reksa Dana, asalkan telah memahami dengan baik potensi dan risiko berinvestasi di pasar modal.

Produk asuransi kesehatan diperlukan karena mahalnya biaya pengobatan. Produk asuransi kematian juga diperlukan untuk dapat menjaga ketersediaan dana bagi orang tua, kakak, dan adik yang secara finansial masih bergantung sekiranya terjadi sesuatu.

Related posts