Program Kepedulian Bagi Para Peternak

Frisian Flag Indonesia "Farmer2Farmer 2014"

Sabtu, 18/10/2014

Ada banyak cara bagi pelaku bisnis untuk membuktikan komitmen jangka panjang dalam strategi tanggung jawab sosial yang diimplementasikan oleh mereka. Salah satunya dengan menggelargatheringyang sarat edukasi. Hal inilah yang dilakukan oleh Frisian Flag Indonesia yang menggelar program Farmer2Farmer.

NERACA

FrieslandCampina melalui Frisian Flag Indonesia kembali mengadakan program Farmer2Farmer Frisian Flag Indonesia (F2F FFI) sebagai salah satu komitmen jangka panjang dan tanggung jawab sosial perusahaan terutama dalam rangka peningkatan pendapatan peternak melalui peningkatan produksi dan kualitas susu segar dan sapi ternak lokal sebagai elemen rantai produksi bagian hulu yang sangat penting.

Sejalan dengan tujuan induk perusahaan FFI, FrieslandCampina menerapkan strategi CSR yang berfokus pada bidang kesehatan dan gizi: khususnya mengentaskan obesitas dan kekurangan gizi di seluruh dunia. Peternakan Sapi Perah yang Bertanggungjawab: berfokus mengembangkan standar peternakan sapi perah yang bertanggung jawab. Pengadaan Bahan Baku Berkelanjutan: berupaya makin efisien dalam penggunaan bahan baku dan sumber daya

Program yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 ini merupakan program dimana peternak sapi perah Belanda membagikan pengetahuan dan pengalamannya kepada para peternak sapi perah lokal Indonesia. Peternak sapi Belanda merupakan salah satu yang terbaik di dunia (Posisi ke 5 Top 20 global dairy company versi Rabobank tahun 2013). Belanda memiliki lebih dari 19 ribu peternakan dengan jumlah sapi perah 1,5 juta ekor.

Tidak hanya itu menurut data Statistic Netherlands – Centraal Bureau voor de Statistiek, pasokan susu per bulan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan pada tahun 2012 mencapai nilai tertinggi yaitu sekitar 11,6 juta ton. Tidak hanya aspek kuantitas, prestasi peternakan susu Belanda juga diikuti dengan peningkatan persentase kandungan nutrisi yaitu protein dan lemak.

Sebagai praktisi di bidangnya, para peternak Belanda dapat menyampaikan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh sesama peternak sapi perah. Diharapkan, program ini mampu membantu para peternak sapi perah lokal untuk semakin berkembang dan dapat menerapkan sistem manajemen kandang yang baik.

Frisian Flag Indonesia yang merupakan bagian dari FrieslandCampina yang juga dimiliki oleh salah satu koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia memiliki sejarah panjang dalam industri peternakan sapi perah berskala besar. Program mendatangkan peternak berpengalaman dari Belanda ke Indonesia ini merupakan inisiatif FrieslandCampina melalui Frisian Flag Indonesia dan satu-satunya program sharing knowledge sejenisnya di Indonesia

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pascapanen (Kesmavet) Kementrian Pertanian Republik Indoensia Akhmad Junaidi mengatakan konsumsi susu masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini akan berkembang terus seiring dengan semakin banyaknya jumlah kelas menengah yang bertumbuh lebih dari 56% atau 130 juta penduduk Indonesia.

“Jumlah yang besar tersebut tentunya mempengaruhi tingkat kebutuhan pangan yang bergizi seperti susu. Konsumsi nasional Indonesia saat ini mencapai sekitar 3 juta ton per tahun dan sekitar 2,4 juta ton atau sekitar 80% berasal dari impor,” kata dia

Empat peternak Belanda yang hadir ke Indonesia mengunjungi enam area peternakan yang ada di Pulau Jawa dalam kurun waktu selama tiga minggu dengan total keseluruhan 150-200 peternak yang akan terlibat dalam tahun 2014 ini. Keenam area peternakan di Pulau Jawa yang akan dikunjungi para peternak Belanda adalah Saluyu, Kuningan, Jawa Barat; Erif Farm, Bogor, Jawa Barat; Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah; Bayongbong, Garut, Jawa Barat; Sinar Mulya, Parongpong, Lembang, Jawa Barat; KPBS Pangalengan, Jawa Barat .

Beberapa topik yang dibahas dalam program Farmer2Farmer adalah sebagai Feeding : Teknik pakan ternak Hygiene : Teknik kebersihan ternak dan kandang. Milking Process/ Udder Health : Teknik memerah susu/ kesehatan ambing sapi.

Program Farmer2Farmer ini merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan Frisian Flag Indonesia yang berkelanjutan dan berkomitmen membantu mengembangkan industri peternakan sapi perah Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas susu segar dan mendukung pemerintah dalam mencapai Swasembada Susu pada tahun 2020.

Salah satu tujuan diadakan program Farmer2Farmer ini adalah untuk meningkatkan pendapatan para peternak susu lokal Indonesia melalui beberapa cara yaitu; peningkatan kualitas susu segar, peningkatan produksi susu segar dan peningkatan efisiensi.

“Kami sangat menghargai inisiatif dari Frisian Flag Indonesia dalam menyelenggarakan program Farmer2Farmer yang diharapkan mampu memberikan manfaat tersendiri bagi para peternak lokal kita sehingga ada peningkatan kualitas dan kuantitas susu sapi perah Indonesia,” kata Akhmad.