Tips Menggunakan Internet Dengan Aman

Menghindari Penipuan dan Hacker

Sabtu, 18/10/2014

Internet kini memang menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting, seiring kemajuan zaman, kini hamper semua kegitan sangatlah membutuhkan akses internet. Dengan akses internet kini segala kegiatan dapat dilakukan dengan sangat mudah, tidakhanya dalam hal berkomunikasi saja, dalam bekerja bahkan hingga berbelanja dapat dilakukan dengan sangat mudah melalui akses internet. Namun internet juga bisa menjadi sesuatu yang sangat berbahaya, karena itu ini beberapa tips agar tetap aman dalam menggunakan internet.

Pilih koneksi yang aman.

Agarkita tetap aman dalam menggunakan internet, pastikan koneksi yang kita gunakan aman. Tidak semua area menawarkan beberapa pilihan koneksi. Tapi kalau tersedia, pilih jaringan nirkabel yang menyediakan kunci keamanan jaringan atau yang mencantumkan sertifikat keamanan. Jaringan seperti ini menyandikan setiap informasi yang dikirim sehigga membantu melindungi komputer kita dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sembunyikan Data Pribadi

Dalam menggunakan internet, memang sebaiknya kita merahasikan data pribadi kit. Artinya bukan kita menggunakan nama orang lain, namun tidak semua data pribadi kita, kita cantumkan. Jangan memberikan informasi pribadi kita, Jangan menampilkan rincian data pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon atau alamat online orang tua sehingga para penjahat dunia maya dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat profil palsu dari rincian tersebut.

Aktifkan firewall.

Firewall membantu melindungi komputer jinjing dengan mencegah pihak tak berwenang mengkakses melalui internet atau jaringan. Semua sistem operasi Windows memiliki fitur firewall. Jangan lupa juga untuk nonaktifkan file dan printer sharing sehingga mencegah komputer lain mengakses komputer kita melalui jaringan.

Aktifkan Keamanan password

Hal yang paling berbahaya adalah ketika banyak orang akhirnya mengetahui password keamanan internet ataupun computer kita. Berbagi password dengan orang tua kita mungkin adalah ide cukup baik, akan tetapi hindari berbagi password dengan teman-teman kita, sebaiknya pilih-pilih dalam memberikan password keamanan.saat membuat password pastikan bukan sesuatu yang mudah ditebak seperti nama panggilan kita. Gunakan kombinasi huruf, angka, karakter besar dan kecil.

Hindari mengetikkan nomor kartu kredit

Sebaiknya jangan pernah memberikan nomor kartu kredit dan informasi finansial lainnya saat bekerja di area hotspot. Para hacker kerap memakai cara yang memancing orang memberikan data pribadi seolah-olah permintaan itu datang dari sistem yang sah. Jika terpaksa harus mengetikkan data pribadi, pastikan muncul ikon gembok(padlock) di pojok kanan jendela browser dan alamat web dimulai dengan “https”. “S” berarti secure atau aman, yang standar hanya “http”.

Hentikan jaringan nirkabel saat tidak digunakan

Saat menggunakan internet, hal yang kerap terjadi adalah kita lupa untuk menghentikan akses internet. Jika kita tidak sedang menjelajahi internet atau mengirim email, tapi tetap memakai komputer di area hotspot, nonaktifkan koneksi nirkabel komputer kita. Jika menggunakan kartu Wifi eksternal, cabut saja. Jika memakai kartu Wifi internal, buka Control Panel -> Network Connection. Klik kanan di Connection dan pilih Disable.

Pilih situs yang aman

Sebaiknya berhati-hatilah terhadap situs yang tidak terjamin atau tidak diketahui ketika belanja online, gunakan penjual yang sudah dikenal. Pastikan setiap transaksi yang kita lakukan hanya berlangsung di halaman situs yang aman. Berhati-hatilah dengan link yang kita klik. Hindari membuka link di pesan, email, atau pesan instant pada jejaring sosial kita kecuali kita yakin pesan tersebut berasal dari orang yang dikenal. Para penjahat dunia maya telah dikenal melakukan hack ke akun email dan jejaring sosial.

Gunakan anti virus

Pastikan software keamanan atau anti virus yang kita gunakan sudah up to date atau terbaru. Keamanan software sekarang tersedia untuk semua jenis perangkat seperti ponsel, tablet, ataupun PC. Umumnya anti virus ini bisa melindungi kita dari virus yang digunakan hacker untuk memasuki jaringan kita.