Upaya Meningkatkan Industri Otomotif Indonesia

Pameran Otomotif Surabaya 2014

Sabtu, 18/10/2014

Denyutperekonomian di berbagaidaerah Indonesia setiaptahunnyamenunjukkanpertumbuhan yang stabil, tidakterkecualiprovinsi JawaTimur.MenurutBadanPusatStatistik (BPS)ProvinsiJawaTimur,tahun 2013angkapertumbuhan ekonomiJawaTimursebesar6,9 persendimanaangkainiberadadiataspertumbuhanekonominasional.

NERACA

Semangatmendorong pertumbuhanekonomimasihberlanjut di tahunini. MasihberdasarkanBPSProvinsiJawaTimurhinggatriwulankedua 2014 perekonomianJawaTimurtumbuh 2,75 persendibandingkandengantriwulanpertama. Salah satusektoryang turutmembawaangin segarbagiperekonomianJawaTimurdiantaranyaadalah industriotomotif.

Pangsapasar di JawaTimurjugadinilaipotensialbagi para pelakuindustriotomotif. JawaTimursebagaiprovinsidenganjumlahpenduduklebihdari 38 jutadandayabelinyaberpotensidapatmenyumbangangkapenjualan yang tidaksedikit.

Ditambahdengan target produksimobildalamnegeri yang meningkattiaptahunnya, target penjualanjugaakannaik. Target produksimobilsecaranasionalmenurutGabunganIndustriKendaraanBermotor Indonesia (Gaikindo) yakni 1,25jutahinggaakhirtahun 2014.

BerdasarkanGaikindo, angkapenjualanmobil domestikhinggapenghujung 2013mencapailebihdari 1,2juta unit.Tidakmenutupkemungkinan target penjualanakanmelebihi target produksi.

Salah satu barometer percepatantumbuhnyaindustriotomotif di JawaTimuryakniPameranOtomotif Surabaya (POS). Target penjualannasionalhinggalokal pun diharapkandapatterdongkraklewatpameran yang diselenggarakansetiaptahunnyaini.

Perhelatan POS 2014

POS 2014 menjadihelatankelimabagiDyandraPromosindountuk paraexhibitorterutama AgenPemegangMerek (APM)danpemainindustriotomotif lainnya.

Suksesmendongkraktumbuhnyaindustriotomotifterbuktidenganpeningkatantransaksiyang terjadi di POS setiaptahunnya. Awalpenyelenggaran di tahun 2010, POS mencatatjumlahtransaksiRp 91 miliar. Sedangkansaat POS 2013 animopengunjungpadaprodukotomotifmeningkathinggamencapaitransaksiRp 294miliar.

“Di tahunlalu, POS dikunjungilebihdari 48 ribupengunjung. Kami yakintahuninipengunjungakanlebihantusias. Beberapa program special yang dihadirkanoleh APM akanmenjadidayatariktersendiribagimasyarakatJawaTimur,” ujar Lia Indriasari, General ManagerTrade Fairs & Automotive Events DivisionDyandra Promosindo.

Masih menempati lokasidi Grand CitySurabaytanggal 29 Oktober – 2 November 2014, POS 2014 hadirdengan14 APM kendaraan roda empat yang terdiri dari 12 merekpassengercarsdan 2 merekcommercialcars.

Daripassegercarsmerek yang bergabung diantaranyaAbarth, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, KIA, Mitsubishi Motors, Mini Cooper, Nissan, Toyota, dan Renault. Sebaliknya Hino dan Isuzu merupakancommercial carsyang hadir di POS 2014. Menempati area seluas 9.760 m2, pameran ini juga menghadirkan 30 perusahaan pendukung otomotif yakni Hurricane, Llumar, Skeleton dan lainnya.

Tidak ketinggalan ajang ini juga mendukung eksistensi otomotif lokal dengan menghadirkan 15 IKM komponen otomotif Jawa Timur, 5 Mitra Astra, serta 5 peserta dari Komunitas Otomotif. Lewat berbagai pilihan otomotif ini, penyelenggara optimis proyeksi pengunjung akan melampaui tahun lalu.

Selain menjadi ajang pameran roda empat bergengsi, POS 2014 masih menyimpan berbagai kejutan acara yang menarik dan sayang bila dilewatkan. DiantaranyaFreestyle Motorcycle Perform,Parking Competition,Community Gathering,Sexy DancerdanDJ Perform.

Bagi pecinta modifikasi tidak akan melewatkanCoolest Car ContestdanStreet Contest. Tidak ketinggalan ajang kompetisi seru yang baru hadir di POS 2014 sepertiGranTurismoCompetitionyang hadir dengan simulator game ala Gran Turismo danGymkhana Competitiondimana peserta akan adu kecepatan serta menjawab tantangan.

“Tiap tahun kami berusaha untuk memberikan yang berbeda bagi pengunjung dan pencinta otomotif. Tak hanya bisa melihat kemudian bertransaksi dengan kendaraan idaman. Tapi, ajang kontes yang seru dan menghibur dapat dinikmati serta diikuti jadi titik unggulan pameran ini,” kata Lia.

Meriahnya POS 2014 ini juga akan bertambah dengan performance dari band top 40. Mereka akan menghibur dengan kemasan akustik tiap harinya. Sebagai puncaknya, pada 31 Oktober 2014 pengunjung akan disuguhi penampilan dari The S.I.G.I.T band asal Bandung. Berlanjut besoknya 1 November 2014, Naif akan tampillive on stage.

Disamping hiburan yang tak henti, para pengunjung juga masih dimanjakan dengan berbagai fasilitas pelengkap yang hadir di POS 2014 diantaranya serta free test drive dari beberapa APM, kemudian SIM Keliling, Samsat Corner dan Samsat ATM mobile. Lewat fasilitas Samsat ATM Mobile, pengunjung dapat menikmati singkat dan mudahnya mengurus BPKB/STNK dengan konsepself service. Fasilitas tiap hari pameran.

ProgramCorporate Social Responsibility(CSR) dari Dyandra Promosindo juga tak lupa diberikan. Seperti programKids Safety Ridingyang ditujukan bagi anak-anak agar mengetahui cara berkendara yang baik dan benar. Ada pula kegiatan donor darah hinggaStudent Day VisitPOS 2014 yang mengundang para pelajar SMK bidang otomotif untuk mengeksplor wawasan dunia otomotif.