Pameran Otomotif Surabaya 2014 - Upaya Meningkatkan Industri Otomotif Indonesia

Denyut perekonomian di berbagai daerah Indonesia setiap tahunnya menunjukkan pertumbuhan yang stabil, tidak terkecuali provinsi Jawa Timur. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur, tahun 2013 angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sebesar 6,9 persen di mana angka ini berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

NERACA

Semangat mendorong pertumbuhan ekonomi masih berlanjut di tahun ini. Masih berdasarkan BPS Provinsi Jawa Timur hingga triwulan kedua 2014 perekonomian Jawa Timur tumbuh 2,75 persen dibandingkan dengan triwulan pertama. Salah satu sektor yang turut membawa angin segar bagi perekonomian Jawa Timur diantaranya adalah industri otomotif.

Pangsa pasar di Jawa Timur juga dinilai potensial bagi para pelaku industri otomotif. Jawa Timur sebagai provinsi dengan jumlahpenduduk lebih dari 38 juta dan daya belinya berpotensi dapat menyumbang angka penjualan yang tidak sedikit.

Ditambah dengan target produksi mobil dalam negeri yang meningkat tiap tahunnya, target penjualan juga akan naik. Target produksi mobil secaranasional menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yakni 1,25 juta hingga akhir tahun 2014.

BerdasarkanGaikindo, angka penjualan mobil domestik hingga penghujung 2013 mencapai lebih dari 1,2 juta unit. Tidak menutup kemungkinan target penjualan akan melebihi target produksi.

 

Salah satu barometer percepatan tumbuhnya industri otomotif di Jawa Timur yakniPameran Otomotif Surabaya (POS). Target penjualan nasional hingga lokal pun diharapkan dapat terdongkrak lewatpameran yang diselenggarakan setiap tahunnya ini.

Perhelatan POS 2014 

POS 2014 menjadi helatan kelima bagi Dyandra Promosindo untuk para exhibitor terutama Agen Pemegang Merek (APM) dan pemainindustri otomotif lainnya.

Sukses mendongkrak tumbuhnya industri otomotif terbukti dengan peningkatan transaksi yang terjadi di POS setiap tahunnya. Awal penyelenggaran di tahun 2010, POS mencatat jumlah transaksi Rp 91 miliar. Sedangkan saat POS 2013 animo pengunjung pada produk otomotif meningkat hingga mencapai transaksi Rp 294miliar.

“Di tahun lalu, POS dikunjungi lebihdari 48 ribu pengunjung. Kami yakin tahun ini pengunjung akan lebih antusias. Beberapa program special yang dihadirkan oleh APM akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Jawa Timur,” ujar Lia Indriasari, General Manager Trade Fairs & Automotive Events Division Dyandra Promosindo.

Masih menempati lokasi di Grand City Surabay tanggal 29 Oktober – 2 November 2014, POS 2014 hadir dengan14 APM kendaraan roda empat yang terdiri dari 12 merek passengercars dan 2 merek commercialcars.

 

Dari passegercars merek yang bergabung diantaranyaAbarth, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, KIA, Mitsubishi Motors, Mini Cooper, Nissan, Toyota, dan Renault. Sebaliknya Hino dan Isuzu merupakan commercial cars yang hadir di POS 2014. Menempati area seluas 9.760 m2, pameran ini juga menghadirkan 30 perusahaan pendukung otomotif yakni Hurricane, Llumar, Skeleton dan lainnya.

 

Tidak ketinggalan ajang ini juga mendukung eksistensi otomotif lokal dengan menghadirkan 15 IKM komponen otomotif Jawa Timur, 5 Mitra Astra, serta 5 peserta dari Komunitas Otomotif. Lewat berbagai pilihan otomotif ini, penyelenggara optimis proyeksi pengunjung akan melampaui tahun lalu.

Selain menjadi ajang pameran roda empat bergengsi, POS 2014 masih menyimpan berbagai kejutan acara yang menarik dan sayang bila dilewatkan. Diantaranya Freestyle Motorcycle PerformParking CompetitionCommunity GatheringSexy Dancer dan DJ Perform.

Bagi pecinta modifikasi tidak akan melewatkan Coolest Car Contest dan Street Contest. Tidak ketinggalan ajang kompetisi seru yang baru hadir di POS 2014 seperti GranTurismoCompetition yang hadir dengan simulator game ala Gran Turismo dan Gymkhana Competition dimana peserta akan adu kecepatan serta menjawab tantangan.

“Tiap tahun kami berusaha untuk memberikan yang berbeda bagi pengunjung dan pencinta otomotif. Tak hanya bisa melihat kemudian bertransaksi dengan kendaraan idaman. Tapi, ajang kontes yang seru dan menghibur dapat dinikmati serta diikuti jadi titik unggulan pameran ini,” kata Lia.

Meriahnya POS 2014 ini juga akan bertambah dengan performance dari band top 40. Mereka akan menghibur dengan kemasan akustik tiap harinya. Sebagai puncaknya, pada 31 Oktober 2014 pengunjung akan disuguhi penampilan dari The S.I.G.I.T band asal Bandung. Berlanjut besoknya 1 November 2014, Naif akan tampil live on stage.

Disamping hiburan yang tak henti, para pengunjung juga masih dimanjakan dengan berbagai fasilitas pelengkap yang hadir di POS 2014 diantaranya serta free test drive dari beberapa APM, kemudian SIM Keliling, Samsat Corner dan Samsat ATM mobile. Lewat fasilitas Samsat ATM Mobile, pengunjung dapat menikmati singkat dan mudahnya mengurus BPKB/STNK dengan konsep self service. Fasilitas tiap hari pameran.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Dyandra Promosindo juga tak lupa diberikan. Seperti program Kids Safety Ridingyang ditujukan bagi anak-anak agar mengetahui cara berkendara yang baik dan benar. Ada pula kegiatan donor darah hinggaStudent Day Visit POS 2014 yang mengundang para pelajar SMK bidang otomotif untuk mengeksplor wawasan dunia otomotif.

 

BERITA TERKAIT

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…