Rakuten Belanja Online Berdayakan Bisnis Mikro

Sabtu, 18/10/2014

Salah satu marketplace e-commerce Rakuten Belanja Online (RBO), baru saja meluncurkan program MicroB, inisiatif baru yang didesain untuk membantu bisnis mikro di Indonesia agar dengan mudah dapat bergabung dengan marketplace RBO, menjangkau basis pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan.

“Program MicroB menunjukkan komitmen lebih lanjut kami untuk membantu meningkatkan ekonomi Indonesia dengan memberdayakan bisnis mikro,” kata Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online. “Hingga saat ini segmen bisnis terbesar di negara ini masih kekurangan dana untuk beralih dari offline ke online. Dengan membebaskan biaya untuk bergabung dan menjual produknya di marketplace RBO, program MicroB ini akan membantu mereka untuk menjual produknya hingga ke luar kios atau rumah mereka dan menjangkau ke pelanggan di seluruh Indonesia.”

Melalui program MicroB ini, pemilik usaha individual terpercaya dan bukan berbentuk perusahaan yang menawarkan produk-produk berkualitas, akan mendapatkan beragam manfaat seperti didukung oleh Rakuten’s Merchant System (RMS), mendapatkan 100MB ruang penyimpanan, kuota jaringan gratis, kemampuan untuk mengupload maksimal 100 produk dalam jangka waktu 6 bulan serta keuntungan tambahan berupa penawaran Rakuten Super Points untuk pelanggannya.

MicroB adalah kelanjutan dari RBO SME Outreach Program yang telah membantu merchant di Bandung, Surabaya, Jogjakarta dan Medan untuk memulai bisnis online mereka dan menawarkan produk-produk lokal unik mereka ke basis pelanggan yang lebih luas. Sejak diluncurkan September 2013, RBO SME Outreach Program telah membantu memperluas basis pelanggan RBO dari 90% di Jakarta, ke 70% dari Jakarta dan wilayah lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bisnis-bisnis mikro bisa bergabung dengan program ini hanya dengan mengisi formulir registrasi MicroB di situs RBO. Setelah melakukan registrasi mereka akan melewati proses seleksi yang meliputi verifikasi data merchant dan produk yang ditawarkan untuk memastikan bahwa bisnis- tersebut terpercaya dan menjual hanya produk asli. Proses ini memakan waktu hingga 10 hari kerja.