Mampu Ubah Nasib Gakin

Program Bank Sampah

Jumat, 10/10/2014

NERACA

Jakarta -Pengolahan sampah pada Program Bank Sampah menjadi kerajinan kreatif mampu meningkatkan ekonomi keluarga miskin (gakin) dan efektif mengurangi sampah di daerah perkotaan."Saat ini, ibu-ibu rumah tangga di Tanah Baru, Bogor memanfaatkan sampah seperti plastik, koran, kardus, kaleng dan lainnya menjadi berbagai jenis produk kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi," kata Koordinator Bank Sampah Salam Rancage, Tri Permana Dewi di Jakarta, Kamis (9/10).

Dia menjelaskan, produk daur ulang sampah ini, telah mengubah kehidupan masyarakat di Tanah Baru Bogor menjadi lebih baik, sebelumnya daerah itu merupakan daerah miskin, tertinggal dan berada di tengah kawasan perumahan elit, namun sejak adanya program bank sampah ini ibu-ibu rumah tangga dapat memberikan kontribusi dalam menambah pendapat keluarga.

"Saat ini, pemasaran berbagai produk daur ulang sampah seperti guci, bakul, tikar, tempat buah, keranjang, lampu meja dan lainnya di dalam negeri seperti Jakarta, Denpasar, Solo dan daerah lainnya mencapai 500 unit. Selain itu, ekspor ke Italia sebanyak 300 unit," ujarnya.

Trimengatakan, program menabung sampah di bank sampah ini, sebenarnya ada dua hal yang dituju yaitu masalah lingkungan dan sebagai pemberdayaan kapasitas warga dalam meningkatkan kesejahteraannya."Gagasan menjadikan sampah berbagai produk kerajinan ini berawal dari masukan dan kreativitas warga," imbuhnya. Ke depan, Tri akan akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk kerajinan sampah ini, seiring peminat kerajinan ini cukup tinggi. [ardi]