AKR Corporindo Kantungi Peringkat AA

Jumat, 10/10/2014

PT Pemeringkat EFek Indonesia (Pefindo) menetapkan kembali peringkat idAA kepada PT AKR Corporindo Tbk (AKR), dengan prospek stabil. Selain itu, Obligasi I/2012 perseroan juga mendapat peringkat serupa.

Analis Pefindo Gifar Indra Sakti mengatakan, peringkat yang diberikan mencerminkan permintaan yang stabil terhadap bahan bakar minyak (BBM) di Indoensia, dan pertumbuhan volume penjualan BBM perusahaan yang stabil dalam jangka panjang,”Selain itu, jaringan infrastruktur logistik perusahaan yang luas," kata dia dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (9/10).

Kendati demikian, peringkat itu dibatasi risiko yang dihadapi perusahaan dalam pengembangan kawasan industri dan penurunan dalam industri pertambangan sebagai konsumen utama perusahaan di bisnis distribusi BBM.

AKRA merupakan perusahaan yang bergerak di bisnis distribusi dan perdagangan BBM dan kimia dasar di Indonesia. Melalui sejumlah anak perusahaannya, AKRA juga terlibat dalam bidang usaha logistik, pabrikan, pertambangan batu bara, dan pengembangan kawasan industri dan jasa pelabuhan.

AKRA juga memiliki perusahaan di luar negeri, yang memproduksi sorbitol dan bidang jasa pelabuhan sungai untuk kontainer maupun komoditas curah di daerah China bagian selatan. Per akhir Juni, pemegang saham perusahaan adalah PT Arthakencana Rayatama dengan kepemilikan saham mencapai 58,8%, manajemen perusahaan 0,6%, dan sisanya sebanyak 40,5% dimiliki publik. (bani)