"Indonesia seharusnya Tak Kekurangan Energi"

Gusti M Hatta

Kamis, 09/10/2014

NERACA

Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhamad Hatta menyatakan Indonesia seharusnya tidakkekurangan energi.

Menurut Gusti, Indonesia memiliki berbagai macam sumber energi yang bisa dikembangkan sehingga tidak mungkin Indonesia kekurangan energi.

"Di Indonesia seharusnya tidak mungkin kekurangan energi, karena apa saja ada, batu bara ada, kita punya panas bumi luar biasa, 40% dunia," kata dia, di Kator Pusat PLN, Jakarta, Rabu (8/10).

Jika saat ini Indonesia dinyatakan akan kekurangan energi maka ada hal yang salah. Kesalahan tersebut lebih kepada perizinan untuk ekspolorasi sumber energi yang sulit ditembus.

"Apanya yang salah? Mesti jangan dibikin sudah izin itu, saya waktu menjadi Menteri Lingkungan Hidup mendukung eksplorasi," ungkapnya.

Gusti menambahkan, dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, maka harus didorong dengan ketersediaan energi. Karena itu energi yang sudah tersedia perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Meningkatkan pembangunan harus siap energi. Yang lain kita punya kita daerah tropis matahari ada. Terjadilah angin makanya kincir angin," ujarnya.

Sedangkan menurut Deputi III Kemenko Perekonomian, Bambang Adi Winarso, untuk menyelesaikan permasalahan energi, seperti kelangkaan dan kekurangan energi kita seharusnya melihat dan menempatkannya pada perspektif jangka panjang, bukan hanya dari perspektif saat ini saja.

“Oleh karena itulah, agar kita tidak terjebak pada solusi jangka pendek yang tidak menyembuhkan krisis energi, maka harus segera dibangun pusat-pusat energi alternatif terbaharukan sebagai pengganti energi dari minyak bumi (bahan bakar fosil).”ujarnya. [agus]