"Indonesia seharusnya Tak Kekurangan Energi" - Gusti M Hatta

NERACA

Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhamad Hatta menyatakan Indonesia seharusnya tidakkekurangan energi.

Menurut Gusti, Indonesia memiliki berbagai macam sumber energi yang bisa dikembangkan sehingga tidak mungkin Indonesia kekurangan energi.

"Di Indonesia seharusnya tidak mungkin kekurangan energi, karena apa saja ada, batu bara ada, kita punya panas bumi luar biasa, 40% dunia," kata dia, di Kator Pusat PLN, Jakarta, Rabu (8/10).

Jika saat ini Indonesia dinyatakan akan kekurangan energi maka ada hal yang salah. Kesalahan tersebut lebih kepada perizinan untuk ekspolorasi sumber energi yang sulit ditembus.

"Apanya yang salah? Mesti jangan dibikin sudah izin itu, saya waktu menjadi Menteri Lingkungan Hidup mendukung eksplorasi," ungkapnya.

Gusti menambahkan, dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, maka harus didorong dengan ketersediaan energi. Karena itu energi yang sudah tersedia perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Meningkatkan pembangunan harus siap energi. Yang lain kita punya kita daerah tropis matahari ada. Terjadilah angin makanya kincir angin," ujarnya.

Sedangkan menurut Deputi III Kemenko Perekonomian, Bambang Adi Winarso, untuk menyelesaikan permasalahan energi, seperti kelangkaan dan kekurangan energi kita seharusnya melihat dan menempatkannya pada perspektif jangka panjang, bukan hanya dari perspektif saat ini saja.

“Oleh karena itulah, agar kita tidak terjebak pada solusi jangka pendek yang tidak menyembuhkan krisis energi, maka harus segera dibangun pusat-pusat energi alternatif terbaharukan sebagai pengganti energi dari minyak bumi (bahan bakar fosil).”ujarnya. [agus]

BERITA TERKAIT

Proyek Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan Dicoret dari PSN

    NERACA   Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah mempertimbangkan mencoret proyek kereta bandara Soekarno-Hatta dari…

Bandara Soekarno Hatta Fasilitasi Taksi Online

      NERACA   Jakarta - Perseroan Terbatas Angkasa Pura (AP) II meresmikan layanan taksi berbasis "online" di Bandara…

Hatta: MA Butuh Tambahan 4.000 Hakim

Hatta: MA Butuh Tambahan 4.000 Hakim NERACA Jakarta - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali menyebutkan bahwa berdasarkan beban kerja…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

BI : Siklus Krisis Ekonomi 10 Tahunan Tak Relevan

      NERACA   Jakarta - Pernyataan bahwa siklus krisis ekonomi di Indonesia akan terjadi setiap 10 tahun sekali…

Pertamina Buka Akses Data Pajak ke DJP

      NERACA   Jakarta - PT Pertamina (persero) berkomitmen untuk memberikan akses data perpajakan kepada Direktorat Jenderal Pajak…

Jepang Tertarik Bangun MRT Di Jakarta

      NERACA   Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang…