Persaingan Motor Sport Kembali Memanas

Sabtu, 11/10/2014

Beberapa tahun belakangan ini, perkembangan sepeda motor tanah air terus mengalami pertumbuhan yang begitu pesat, hal ini terbukti dengan terjualnya jutaan motor pada tahun lalu dari berbagai model dan merk.

NERACA

Segmen skutik menjadi kontributor terbesar penjualan motor nasional, dan disusul dari segmen motor sport. Untuk segmen 250 cc, Kawasaki masih menjadi penguasa dengan pangsa pasar yang sangat besar. Kawasaki menyatakan penjualanKawasaki Ninja 250mencapai 3.000 unit per bulan.

Angka penjualan motor sport Kawasaki ini tentunya berbeda dari kompetitornya, sepertiHonda CBR 250Ryang hanya terjual ratusan unit saja pada tiap bulannya. Untuk menggenjot angka penjualan pada tahun 2014, Honda bersiap untuk menghadirkan model tebaru dariHonda CBR20Ryang sebelumnya telah diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2013 beberapa waktu yang lalu. Rencananya, pihak Honda akan meluncurkannya pada pertengahan tahun ini.

Sementara itu, produsen motor berlambang garputala, Yamaha yang selama ini hanya fokus bermain di segmen 150 cc, kini bersiap untuk melahirkan varian terbarunya di segmen 250 cc dengan meluncurkanYamaha R25yang rencananya akan meluncur pada semester pertama tahun ini. Tapi ada informasi lain menyebutkan, kalauR25yang sebelumnya telah dikenalkan di ajang Tokyo Motor Show 2013 beberapa waktu lalu akan meluncur lebih cepat dari rencana awal.

Dengan begitu, kehadiranYamaha R25danNew Honda CBR250Rtentu akan menjadikan persaingan motor sport 250 cc akan semakin sengit. Diperkirakan Ninja 250 yang selama ini berkuasa di segmen 250 cc akan dikejarYamaha R25, karena secara spesifikasi,R25mempunyai kemiripan dengan Ninja 250 yang sama-sama menggunakan mesin dua silinder.

Sedangkan untuk segmen 150cc, Yamaha masih yang terdepan sebagai penguasa motor sport low entry ini, disusul Honda yang terus membayangi dengan meluncurkan Honda CB150R Streetfire dan Honda Verza 150. Bahkan pihak Honda berkomitmen untuk menguasai segmen motor sport low entry ini yang selama ini masih dikuasai Yamaha.

Tapi ternyata, Yamaha juga tinggal diam, selain akan meluncurkanYamaha R25, pabrikan berlambang garputala ini juga akan meluncurkanYamaha R15di Tanah Air. model terbaru yang rencananya akan meluncur pada Januari ini, siap menjeggal CBR150.

Tapi bagaimana dengan Suzuki? Pabrikan berlambang huruf S ini ternyata diam-diam juga tengah mempersiapkan sportbike untuk model tahun 2014, dari informasi yang didapat dari salah satu sumber dalam Suzuki menyatakan akan ada model terbaru segmen 150 cc versi nakedbike.

Tidak berhenti sampai disini, beberapa model terbaru juga akan hadir pada tahun ini. Sepert Honda yang dikabarkan tengah mempersiapkan Honda Mega Pro dan Tiger, dimana kedua motorsport tersebut akan mengadopsi teknologi injeksi. Sementara itu, Yamaha juga akan meluncurkan Yamaha Scorpio ZEdisi Khusus sebagai model terakhir sebelum Scorpio di stop produksinya.

Untuk Kawasaki, seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pabrikan yang terkenal dengan motor sportnya ini juga akan menghadirkan delapan model terbarunya di Indonesia.