Asuransi Astra Dorong Perluasan Edukasi

Literasi Keuangan

Senin, 06/10/2014

NERACA

Jakarta - Sebagai perusahaan yang memiliki perhatian khusus terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, Asuransi Astra mengapresiasi kampanye yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan dengan mendukung dan menggelar program edukasi literasi keuangan. Program ini sejalan dengan salah satu misi Asuransi Astra, yaitu “to be good corporate citizen to the communities where we live in”.

Program yang secara spesifik ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berasuransi tersebut, telah dilaksanakan selama bulan September 2014 di enam kota besar di mana terdapat kantor Asuransi Astra. Ke enam kota tersebut ialah Jakarta, Manado, Malang, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Sebanyak 700 peserta yang berasal dari berbagai kalangan seperti ibu-ibu PKK dan Dharma Wanita, siswa-siswi SMA, mahasiswa, pelaku UMKM, dan komunitas-komunitas mobil telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan antusias. Mereka mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini, terutama mengenai manfaat asuransi dalam kehidupan sehari-hari.

“Mereka diberikan materi ringan dan menghibur mengenai OJK, kehidupan sehari-hari dan beragam jenis risiko, pengetahuan dasar asuransi dan jenis-jenis asuransi, manfaat asuransi secara umum, cara memilih asuransi, serta perlindungan konsumen,” ujar Laurentius Iwan Pranoto, Manager Communication and Event Asuransi Astra, di Jakarta, pekan lalu.

Selain itu, lanjut Iwan, dalam rangkaian kegiatan tersebut, Asuransi Astra dan OJK pun bekerja sama mendatangkan Simolek (Mobil Literasi Keuangan) yang akan semakin menambah wawasan masyarakat tentang berbagai hal yang berhubungan dengan OJK dan juga keuangan secara umum.

Dia juga mengatakan, program kampanye edukasi literasi keuangan ini merupakan bentuk kepedulian dan dukungan Asuransi Astra kepada pemerintah dalam mencerdaskan bangsa melalui peningkatan kesadaran berasuransi, memahami manfaat serta mekanisme asuransi.

“Saat ini, masyarakat kita yang melek asuransi sangat rendah jumlahnya. Untuk itu, melalui kegiatan ini kami berupaya semaksimal mungkin membuka pengetahun mereka agar dapat terhindar dari kerugian akibat kurangnya pengetahuan tentang asuransi yang sehat,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meraih seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya, anak usaha Grup Astra ini sudah sejak lama mengadakan kegiatan edukasi asuransi dan akan terus melakukan dan meningkatkan kualitas kegiatan ini. [ardi]