Toyota Berbagi, Bersama Membangun Indonesia

Sabtu, 04/10/2014

NERACA

Melalui Yayasan Toyota dan Astra (YTA), PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendonasikan 40 mesin Toyota kepada Sekolah Menengah Kejuruan terpilih sebagai lambang semangat Toyota membangun Indonesia. Kegiatan itu merupakan bagian dari rangkaian aktivitas Hari Ulang Tahun ke-40 YTA pada 9 Oktober 2014.

Donasi mesin tersebut merupakan upaya Toyota dalam berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi siswa dan kualitas pendidikan nasional. Mesin Toyota itu akan digunakan sebagai alat praktikum untuk mendukung proses belajar-mengajar di sekolah-sekolah tersebut. Donasi ini sendiri dilakukan dalam beberapa tahap, sejak IIMS 2013 lalu dengan penyerahan 10 unit mesin setiap tahun.

Kesepuluh SMK yang mendapat donasi mesin tahun ini diantaranya SMK Mercusuar - Jakarta, SMKN 1 Luragung - Jawa Barat, SMKN 1 Pungging - Jawa Timur, SMKN 1 Kuta Selatan- Bali, SMK Bhakti Praja Purwakarta - Jawa Barat, SMK Peristek Pangkah Tegal - Jawa Tengah, SMK Muhammadiyah 3 Weleri - Jawa Tengah, SMK Ma'Arif Ponjong - Yogyakarta, SMK PGRI 2 Ponorogo - Jawa Timur dan SMK Perwira Bangsa Bekasi - Jawa Barat.

Beberapa acara lain untuk memeriahkan 40 tahun YTA juga diselengarakan seperti seminar nasional disejumlah universitas diberbagai wilayah dan lain sebagainya. Hingga saat ini YTA secara aktif telah memberikan berbagai bentuk pendidikan kepada 91.617 pelajar Sekolah Dasar hingga mahasiswa dengan total bantuan mencapai Rp 62 miliar.

“Rangkaian aktivitas perayaan HUT ke-40 menjadi bukti komitmen dan semangat berkelanjutan Toyota Indonesia untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia," ujar kata Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Masahiro Nonami di JI Expo Jakarta belum lama ini

Tak berhenti disitu, Toyota juga memberikan 13 mobil Vios secara utuh kepada 13 perguruan tinggi dan SMK di Karawang, Cikampek, Rengasdengklok, Cilamaya, Bali, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan dan Surabaya dengan total nilai mencapai Rp3,6 miliar.

Sebagai tahap pertama, dalam ajang IIMS beberapa pekan lalu Toyota menyerahkan 1 unit Vios pada Universitas Indonesia. Vios dipilih karena mobil ini sudah diproduksi di Indonesia. Selain Vios mobil yang sudah diproduksi di Indonesia adalah Fortuner dan Innova.

Toyota berharap pemberian kendaraan dalam bentuk utuh ini akan menumbuhkan budaya riset mahasiswa khususnya di sektor otomotif dan sekaligus mempersiapkan Indonesia menghadapi kompetisi ketat di era Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 2015.

Selain donasi berupa kendaraan utuh dan komponen kendaraan, Toyota Indonesia juga telah mendonasikan perangkat laboratorium“Lean Production Manufacturing”yang menerapkan sistem produksi Toyota kepada Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Laboratorium ini digunakan oleh para mahasiswa Fakultas Teknik untuk mempelajari cara merancang fasilitas manufaktur. Dalam waktu dekat, Toyota juga akan memberikan paket simulasi“Lean Production Manufacturing”kepada Institut Teknologi Bandung.