BRI Menangkan “Best Domestic Bank 2014” - Asiamoney Award

NERACA

Hongkong - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menyabet penghargaan sebagai Bank Domestik Terbaik di Indonesia (The Best Domestic Bank) 2014 pada penghargaan bergengsi Asiamoney Magazine Award 2014 yang dihelat di Hongkong, China, Kamis (25/9) pekan lalu.

Penghargaan prestisius tersebut diterima oleh Direktur Keuangan BRI, Achmad Baiquni, yang diserahkan oleh Publisher Asiamoney, Andrew Cover. Baiquni menuturkan, BRI dinilai berhasil memberikan layanan dan kinerja keuangan terbaik di Tanah Air.

“ Saat ini BRI telah sukses menunjukkan kinerja postif menjelang tutup tahun 2014, salah satu kinerja keuangan BRI yang sangat cemerlang adalah simpanan BRI yang meningkat 11,3% (year on year/yoy), atau Rp438,9 triliun per Juni 2013 menjadi Rp488,4 triliun per Juni 2014,” kata Baiquni.

Asiamoney juga melaporkan bahwa pertumbuhan laba BRI meningkat cemerlang pada semester I 2014. Di mana perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp11,7 triliun, tumbuh 17,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp10 triliun. Hal itu ditopang pertumbuhan kredit 17,2% dan kenaikan margin bunga bersih (net interest margin/NIM) dari 8,08% menjadi 8,93%.

Berdasarkan laporan keuangan BRI yang telah terpublikasi, peningkatan laba bersih dan NIM BRI didorong oleh pertumbuhan kredit mikro yang melesat lebih tinggi dibandingkan kredit BRI secara keseluruhan. Pada semester pertama tahun ini, kredit mikro BRI tumbuh 18,1% daripada periode yang sama tahun lalu menjadi sebesar Rp144,2 triliun pada Juni 2014.

Sementara itu kredit secara keseluruhan tumbuh menjadi Rp459,1 triliun. Peningkatan NIM BRI didukung antara lain oleh loan to deposit ratio (LDR) yang meningkat pada semester I-2014 mencapai 94%. BRI telah melakukan penyesuaian suku bunga pada seluruh segmen kecuali mikro, yang berkisar 50-150 basis poin (bps). Penilaian atas penghargaan tersebut dilakukan secara independen oleh para Analis Keuangan dan Jurnalis Ekonomi dari berbagai media internasional.

Lebih dari 100 bank di Indonesia ikut dinilai oleh lembaga independen ini demi mendapatkan para nominasi terbaik sebagai bank yang memiliki kualitas kinerja terdepan. “Kami telah melakukan survey melalui analis keuangan terpercaya dan jurnalis keuangan internasional untuk menilai lembaga keuangan di seluruh Asia,” papar Andrew Cover, di sela-sela acara tersebut. [ardi]

Related posts